Rabu, 31 Agustus 2016

Pierre Fauchard: Father of Modern Dentistry
Kampus Berkualitas19.13 0 komentar


Pierre Fauchard (1678 - 22 Maret 1761) adalah seorang dokter Perancis yang dikenal sebagai "bapak kedokteran gigi modern". Masyarakat banyak mengenalnya karena bukunya, Le chirurgien Dentiste, "The Surgeon Dentist" 1728, di mana Ia menggambarkan anatomi mulut dasar dan fungsi, tanda dan gejala patologi mulut, metode operasi untuk menghilangkan kerusakan dan memulihkan gigi, penyakit periodontal (penyakit pada gusi), ortodonsi, penggantian gigi yang hilang, dan transplantasi gigi.

Bukunya dikatakan deskripsi ilmiah lengkap pertama dari kedokteran gigi. Metode Fauchard ini kemudian, terus diikuti dan dipelajari oleh orang lain yang ingin memperluas pengetahuan profesi gigi di seluruh Eropa.

Hidup dokter gigi muda
Fauchard lahir di sebuah rumah yang sangat sederhana di Saint-Denis-de-Gastines. Pada 1693 bergabung dengan French Royal Navy pada usia 15, dan berada di bawah pengaruh Alexander Poteleret, seorang ahli bedah besar, yang telah menghabiskan banyak waktu mempelajari penyakit pada gigi dan mulut. Dalam perjalanannya, Fauchard belajar bahwa pelaut yang berada di perjalanan panjang menderita parah khususnya penyakit gigi.

Setelah meninggalkan angkatan laut, Fauchard mengikuti studi di University of Angers Hospital dan menempuh studi kedokteran gigi. Lama menempuh studi, Ia menjadi pelopor bedah mulut dan maksilofasial ilmiah. Fauchard sering menggambarkan dirinya sebagai "Chirurgien Dentiste" (Bedah dokter gigi). Meskipun keterbatasan instrumen bedah primitif pada akhir abad ke-18 ke-17 dan awal, Fauchard dianggap sebagai ahli bedah yang sangat terampil oleh banyak rekan-rekannya di Angers University Hospital. Fauchard membuat improvisasi yang luar biasa dari instrumen gigi, sering mengadaptasi alat dari pembuat jam, perhiasan dan bahkan tukang cukur, yang menurutnya dapat digunakan dalam kedokteran gigi. Fauchard juga memperkenalkan tambalan gigi sebagai pengobatan untuk gigi berlubang.

Fauchard dikenal sebagai pelopor protesis gigi, karena Ia menemukan banyak metode untuk menggantikan gigi yang hilang. Dia menyarankan bahwa pengganti gigi alami dapat dibuat dari blok diukir dari gading atau tulang potongan-potongan gigi artifisial buatan.
Salah satu metode ini menyatakan bahwa gigi palsu akan ditempatkan dengan mengikat mereka ke gigi padat yang tersisa dengan pivot, menggunakan benang lilin atau kawat emas.
Ia juga memperkenalkan kawat gigi, meskipun mereka awalnya terbuat dari emas, Ia menemukan bahwa posisi gigi bisa diperbaiki sebagai gigi yang mengikuti pola kabel. Linen lilin atau sutera benang yang biasanya digunakan untuk mengikat kawat gigi.

Buku Revolusioner Fauchard
Selama berbulan-bulan Fauchard menghabiskan waktunya untuk belajar dan berbagi praktek medis dengan beberapa dokter bedah. Kini Ia  memutuskan untuk menulis risalah dokter gigi profesional berdasarkan pengalaman medisnya, dan mengumpulkan banyak buku penelitian medis, mewawancarai banyak dokter gigi yang dia temui, serta ulasan buku harian pribadi selama bertahun-tahun. Akhirnya pada tahun 1723, pada usia 45, Ia menyelesaikan naskah untuk "Le Chirurgien Dentiste" ("bedah gigi"). Naskah cermat diedit dan diterbitkan pada 1728 dalam dua volume. Buku itu diterima dengan baik di komunitas medis Eropa, dan tiap edisi diperbesar dalam bahasa Prancis diterbitkan pada 1746 dan terjemahan Jerman yang tersedia pada tahun 1773. Terdapat banyak ide yang diperkenalkan dalam buku yang benar-benar baru untuk kedokteran gigi ini.
Buku "Le Chirurgien Dentiste”
yang telah ditulis Fauchard pada usia 45 tahun



Pada 22 Maret 1761, Fauchard meninggal dunia di Paris. Saat usianya mencapai umur 83. Kini karyanya telah menjadi pembelajaran bagi semua dokter gigi yang akan datang. Karya Fauchard yang mempengaruhi banyak pikiran medis muda di usia pencerahan di Perancis. Seperti; Robert Bunon (1702-1748) dan Etienne Bourdet (1722-1789), yang dikatakan menjadi salah satu dokter gigi terbaik Prancis setelah Fauchard.
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar