Rabu, 31 Agustus 2016

Pesona Danau Dua Rasa "Labuan Cermin" Kalimantan Timur
Kampus Berkualitas19.10 0 komentar


Danau Labuan Cermin merupakan danau yang terletak di  desa Labuan Kelambu, kecamatan biduk-biduk, kabupaten Berau,  Kalimantan Timur. Pesona Danau ini terbukti mempunyai sejuta biota laut dengan air yang sangat jernih berkilat seperti cermin dan seluas 2 hektare.

Uniknya danau ini memiliki dua rasa asin dan tawar. Danau ini dinamakan Labuan cermin, karena memiliki air yang jernih sehingga dapat bercermin diatasnya. Danau ini juga memiliki saluran yang terhubung langsung dengan laut, tetapi uniknya air tawar yang mendominasi di danau tidak bercampur dengan air asin yang bersumber dari laut.Air tawar danau ini berada diatas bagian danau sedangkan air asin dibawahnya. Secara kasat mata dapat dilihat bahwa air laut dan air tawar dipisahkan oleh lapisan serupa awan. Hal ini terbentuk secara alami.
Jernihnya air sangat nyaman untuk berenang maupun snorkeling

Warna air di danau ini bergradasi dari biru tua, biru muda, putih dan hijau di area luar danau. Di sekitar danau juga tampak pepohonan dan tebing-tebing menjulang tinggi di salah satu sisinya dan akan disuguhi musik hutan, seperti suara burung dan serangga. Bahkan dari atas permukaan danau, ikan dan dasar danau bisa terlihat dengan jelas. Apalagi ketika matahari bersinar dengan sangat cerah, sinarnya mampu menembus hingga dasar danau. Danau ini memiliki kedalaman lebih dari 3m. Jika ingin berenang, perlu diperhatikan pula untuk arus di beberapa tempat cukup kuat dan mudah menyeret orang yang tak bisa berenang.
Dasar danau terlihat dari permukaan air karena tingkat kejernihan perairan yang cukup tinggi

Transportasi
Bagi para Traveler yang gemar wisata alam. Danau cantik ini dapat menjadi destinasi menarik. Jika ingin berkunjung ke Danau dapat ditempuh langsung dari Derawan dengan kapal sewaan.
Dari Tanjung Redeb, bisa menggunakan angkutan darat menuju Biduk-Biduk, dari Biduk-Biduk menuju ke Desa Labuan Kelambu, lalu menyewa kapal dari penduduk setempat untuk berangkat ke Labuan Cermin. Untuk mencapai kecamatan Biduk-biduk dibutuhkan waktu sekitar 6-7 jam perjalanan darat dari Kota Tanjung Redeb. Tetapi jangan khawatir rasa jenuh akan terbayar dengan keindahan danau ini.
Beberapa Fasilitas juga terdapat di danau

Kawasan wisata danau labuan cermin,
menyimpan sejuta pesona keindahan alam
Fasilitas
Labuan Cermin diantaranya :
  1. Bagi yang ingin bersantai dengan pasangan disewakan kano, yang bisa dipakai untuk berkeliling danau.
  2. Perahu juga telah disediakan bagi yang ingin berkeliling bersama keluarga menikmati keindahan dan ekosistem sekitar danau
  3. Tersedia juga tempat untuk berganti pakaian di sekitar danau 
  4. Bagi yang ingin bermain di air, disewakan ban dalam dengan berbagai ukuran untuk digunakan sebagai pelampung di dalam danau.


Tempat Penginapan
Ada banyak penginapan sampai hotel dari yang bertarif Rp.80.000 sampai dengan Rp. 250.000 per malamnya. Bagi rombongan backpacker yang ingin lebih hemat juga bisa tinggal di pondokannya yang biasa dipakai oleh para pemancing, biasanya mereka membayar Rp. 100.000 untuk satu minggu. Tetapi, bagi yang hanya ingin tinggal beberapa hari bisa langsung nego.

Hutan hujan tropis yang kaya akan vegetasi
tanaman membuat nuansa disekitar danau
menjadi tenang dan menyejukkan
Tips
  • Listrik hanya menyala pada malam hari, jadi manfaatkan untuk mengisi penuh baterai  peralatan elektronik Anda.
  • Bawalah alat snorkeling, walaupun ada penyewaan disini namun kondisinya sudah memprihatinkan.
  • Masyarakat di sana sangat ramah dan bersahabat.
  • Hindari memberikan uang secara cuma-cuma kepada anak-anak sekitar wisata.
  • Bawalah sampah kembali dan buang di tempat sampah, jangan kotori keindahan dengan sampah yang kita tinggalkan.

Kalimantan Timur telah terbukti memiliki sejuta pesona alam yang masih sangat alami dengan pesona keindahan yang luar biasa untuk dikunjungi. Salah satunya adalah danau cantik mempesona labuan cermin kabupaten Berau. 













In Category : , , , ,
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar