Senin, 05 September 2016

Tubuh Bugar dengan Olahraga yang Benar
Kampus Berkualitas20.47 0 komentar



Tubuh yang bugar merupakan impian dari semua orang. Salah satu cara yang dapat dilakukan agar kita memiliki tubuh yang bugar ialah dengan berolahraga. Namun sedikit sekali yang mengetahui cara berolahraga yang baik dan benar. Alih-alih mendapatkan tubuh yang bugar, olahraga dapat menyebabkan badan Anda kesakitan jika tidak dilakukan dengan benar. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan agar olahraga yang Anda lakukan berdampak baik bagi tubuh :

Waktu Olahraga
Olahraga dapat Anda lakukan di 3 (tiga) waktu, menyesuaikan dengan waktu kosong yang Anda miliki.

Pagi Hari
Pagi hari merupakan waktu yang paling baik untuk berolahraga. Pada saat pagi udara masih segar dan baik bagi paru-paru, sinar matahari pagi juga sangat baik bagi pembentukan vitamin D untuk menutrisi tulang.

Siang Hari
Waktu senggang di siang  hari juga dapat Anda manfaatkan untuk berolahraga. Namun perhatikan beberapa faktor lain seperti suhu udara, dan polusi udara. Jangan berolahraga saat suhu cuaca sangat panas, karena tidak baik bagi tubuh untuk berolahraga.

Sore/malam hari
Beberapa orang lebih menyukai olahraga saat malam hari, hal ini tidak menjadi masalah asalkan tidak menambah rasa lelah setelah seharian bekerja. Hal tersebut dapat membuat stamina Anda turun drastis.

Awali dengan Makan dan Minum Air
Sebelum berolahraga, konsumsilah buah pisang. Kandungan magnesium, karbohidrat, serta kalium dapat menjadi energi selama berolahraga dan dapat dicerna secara cepat. Selain pisang, Anda juga dapat mengonsumsi semangkuk oatmeal.
Jangan lupa untuk meminum air secukupnya. Air berfungsi sebagai pengganti cairan tubuh saat berolah raga agar tidak dehidrasi. Selain itu air dalam tubuh juga dapat menjadi pendingin bagi tubuh.

Menggunakan Alat yang Nyaman
Beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum berolahraga ialah mempersiapkan pakaian dan alat olahraga yang aman. Gunakan pakaian yang dapat menyerap keringat, dan gunakan sepatu khusus.

Melakukan Pemanasan
Pemanasan merupakan hal yang wajib dilakukan sebelum berolahraga. Pemanasan berfungsi merenggangkan otot-otot yang sebelumnya masih kaku karena beristirahat/ tidak melakukan aktivitas. Pemanasan dapat Anda lakukan selama 5-10 menit.

Lari-Lari Kecil
Agar tubuh Anda renggang sepenuhnya, lakukan jogging ringan, lari kecil di tempat, atau dengan cara jalan kaki. Hal ini sangat membantu mempersiapkan tubuh untuk olahraga ke tingkat yang lebih berat.

Berolahraga Sesuai Hobi dan Kebutuhan
Banyak sekali pilihan olahraga yang dapat Anda lakukan, seperti berlari, bersepeda, badminton, tennis dll. Pilihlah jenis olahraga yang Anda sukai agar aktivitas olahraga menciptakan rasa senang bagi Anda. Ajaklah pasangan atau teman Anda dalam melakukan aktivitas olah raga bersama-sama.

Berolahraga Sesuai dengan Kemampuan
Jangan berolahraga sampai lelah, apalagi melebihi batas kemampuan tubuh. Jika Anda adalah pemula yang baru akan melakukan rutinitas berolahraga, mulailah dengan olahraga ringan dan bertahap.

Lakukan dengan Rutin
Manfaat dari olahraga akan Anda rasakan sepenuhnya jika dilakukan secara rutin setiap hari. Jangan berolahraga dengan rentang waktu (jadwal) yang tidak teratur, karena akan mempengaruhi ketahanan tubuh.

Istirahat Sejenak
Istirahatlah sejenak setelah berolahraga. Minumlah air secukupnya bila Anda banyak berkeringat saat berolahraga. Hindari makan setelah berolahraga, tunggu jeda waktu 1 jam setelah berolah raga atau makanlah sedikit camilan dalam porsi sedikit sebelum masuk ke makanan berat.


Manfaat Olahraga
  • Tubuh Bugar
  • Hidup Bersemangat
  • Menghilangkan Stres
  • Meningkatkan IQ
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar