Senin, 05 September 2016

Stretching Ringan Sehatkan Tubuh
Kampus Berkualitas21.35 0 komentar

Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat penting dan harus selalu dijaga. Salah satu cara menjaga kesehatan yaitu dengan berolahraga secara teratur. Faktanya, masih banyak orang yang belum menyadari bahwa olahraga itu penting.  Kesibukan menjadi alasan bagi mereka sehingga tidak sempat untuk berolahraga.  Banyak penyakit yang bersumber dari pola hidup yang salah, seperti kurang bergerak dan berolahraga.

Aktivitas duduk yang terlalu lama dan lelahnya mata akibat terlalu lama di depan komputer dapat menyebabkan otot-otot menjadi kaku dan sulit bergerak. Cobalah melakukan Stretching sebentar selama 10-15 menit untuk melancarkan peredaran darah dan merenggangkan otot-otot yang kaku.

Stretching adalah gerakan yang digunakan untuk meregangkan otot atau tendon yang kaku sehingga otot kembali menjadi fleksibel. Manfaat dari stretching lainnya yaitu meningkatkan rentang gerak (range of motion), membuat aliran darah kembali lancar , meningkatkan produksi cairan sinovial yang penting untuk mencegah radang sendi, dan menurunkan resiko cedera akibat olahraga. 

Cara Aman Stretching

Stretching harus dilakukan dengan benar agar dampak positifnya dapat dirasakan oleh tubuh. Lalu, bagaimana cara stretching yang benar? Simak ulasannya berikut.

Lakukan stretching pada grup otot utama seperti paha, betis, pinggul, punggung, leher dan bahu. Lakukan simetris pada bagian kiri dan kanan tubuh, jadi jika anda meregangkan otot paha kanan, lakukan juga untuk paha kiri.


Lakukan dengan perlahan dan mulus, tidak menyentak-nyentak agar tidak mengakibatkan cedera. Selama melakukan peregangan, bernafaslah seperti biasa.


Pada peregangan rutin, berhenti dan diamlah paling sedikit 30 detik pada setiap peregangan maksimum. Jika otot yang diregangkan ada masalah seperti pegal, stretching dapat dipertahankan 60 detik, baru kembali pada posisi biasa.


Lakukan stretching secara rutin. Jika Anda berhenti melakukannya untuk waktu yang cukup lama, maka rentang gerak dan kelenturan akan kembali menurun.


Jangan lakukan stretching hingga timbul rasa sakit! Lakukan stretching hingga terasa sampai ada tarikan tetapi jangan sampai menimbulkan rasa sakit.


Jangan lakukan stretching hingga timbul rasa sakit! Lakukan stretching hingga terasa sampai ada tarikan tetapi jangan sampai menimbulkan rasa sakit.

In Category : ,
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar