Senin, 05 September 2016

Alternatif Terapi untuk Kesehatan
Kampus Berkualitas21.28 0 komentar

Water Treadmill yang dirancang untuk membantu
proses penyembuhan gangguan pada persendian



Alternatif terapi untuk kesehatan  sangat diperlukan bagi pasien yang memang membutuhkan terapi dalam penyembuhannya, seperti pasien pasca stroke dan parkinson. Stroke menjadi salah satu dari 5 tertinggi penyebab kematian di Indonesia yang terjadi akibat adanya gangguan pembuluh darah pada otak yang mengakibatkan kelumpuhan sedangkan Parkinson merupakan penyakit yang  mempengaruhi unit penerima saraf (neurotransmitter) sehingga penderita mengalami gangguan untuk bergerak. Selain itu, gangguan gerak biasanya juga rawan terjadi pada para lansia. Pasien yang mengalami gangguan gerak harus rutin melakukan fisioterapi agar memulihkan kinerja motorik tubuh. Melihat peluang ini, para peneliti terus berupaya mengembangkan fisioterapi untuk membantu penyembuhan pasien dengan alternatif terapi. Perkembangan  teknologi diupayakan dapat mendukung peningkatan mutu dalam menjaga kesehatan. Beberapa inovasi dalam dunia kesehatan khususnya dalam bidang fisioterapi yang dapat dimanfaatkan untuk alternatif terapi kesehatan, di antaranya:

Fisioterapi Visual

Teknologi fisioterapi virtual dirancang untuk meningkatkan keinginan pasien rehabilitasi dalam menggerakkan anggota badan mereka agar dapat maksimal menjalani aktivitas sehari-hari. Fisioterapi virtual menggunakan alat sensor kinetik yang dikonfigurasikan dengan software.  Cara kerjanya adanya layar yang menampilkan tangan virtual ilusi gerak tangan pasien. Kemudian, pasien diminta meraih benda-benda yang terdapat dalam layar melalui tangan virtual. Tipe latihan gerakan tangan pun bisa dibuat bervariasi tergantung kebutuhan pasien. Kinerja fisioterapi virtual ini telah diuji coba terhadap 20 pasien penderita stroke hemiparesis (stroke yang mengalami gangguan melemahnya anggota badan). Hasilnya setelah menjalani terapi ini, para pasien lebih sering melatih anggota badan mereka di kehidupan sehari-hari dan lebih percaya diri untuk menggerakkan anggota badan mereka.

Pasien menggunakan Fisioterapi Virtual
melalui gerakan tangannya sendiri

Water Treadmill

Water Treadmill adalah olahraga air yang dapat membantu penyembuhan pada penderita arthritis (gangguan sendi) seperti osteoarthritis (radang sendi) dan pasien difabel. Sifat air yang menenangkan dan minim risiko cedera dapat membantu proses penyembuhan dikarenakan penderita hanya menopang sekitar 20% berat badannya ketika masuk dalam air. Treadmill dalam air meminimalisir resiko jatuh, sehingga dapat menumbuhkan semangat lansia untuk berlatih dan menjaga keseimbangan tubuh mereka. Selain itu, water treadmill juga diyakini ampuh untuk mengurangi tekanan darah, mengurangi kekakuan sendi, menambah daya tahan tubuh, memberikan relaksasi mental, dan menguatkan tulang dan otot.

Video Game

Video Game dapat merangsang kinerja otak dan dapat membantu penyembuhan bagi penderita yang mengalami gangguan saraf maupun gangguan gerak. Contohnya seperti video game yang menggunakan alat bantu papan keseimbangan. Pemain dituntut untuk dapat menjaga keseimbangan selama permainan berlangsung dengan cara memijakkan kedua kaki pada papan lalu menggerakkan kaki ke kanan dan kiri. Aturan permainan untuk menjaga keseimbangan tersebut selaras dengan latihan terapi bagi penderita Parkinson yang mengalami gangguan gerakan seperti tubuh menjadi lambat ketika berjalan atau bergerak, kesulitan dalam menelan, guncangan pada lengan atau kaki saat istirahat, dan menurunnya stabilitas ketika berdiri.





Permainan video game yang sebagai media hiburan
dapat menjadi media terapi kesehatan
Tertarik untuk mencobanya? Semoga berbagai inovasi yang diciptakan dapat menambah mutu kesehatan bagi manusia.
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar