Rabu, 14 September 2016

Serba Serbi Terapi Akupunktur bagi Kesehatan
Kampus Berkualitas22.08 0 komentar




Terapi Akupunktur yang merupakan salah satu cabang pengobatan dari kedokteran tradisional China telah dikenal sejak lama dan tercantum dalam buku Sistematika Klasik Akupunktur yang diperkirakan terbit pada tahun 282. Teknik pengobatan Akupunktur menggunakan jarum yang ditusukkan ke beberapa titik meridian di dalam tubuh. Titik meridian dipercaya sebagai titik jalannya aliran energi yang berguna untuk produktivitas organ-organ dalam tubuh. Di sisi lain, menurut penjelasan sains modern, penusukan titik-titik dalam metode akupunktur dapat merangsang sistem syaraf untuk melepaskan zat-zat kimia di otot-otot, tulang belakang dan otak.

Jika melihat beragam manfaat yang baik bagi kesehatan dari terapi akupunktur, tak ada salahnya Anda mulai melirik akupunktur sebagai salah satu alternatif pengobatan atau sekedar meningkatkan kualitas kesehatan tubuh. Namun, sebelum Anda mulai menjalani terapi akupunktur, ada baiknya Anda mengetahui serba-serbi akupunktur berikut ini:

  •  Jangan terkejut, ketika seorang terapis mulai menusukkan jarum ke titik meridian pada tubuh Anda dan Anda merasakan seperti sedikit tersetrum atau ngilu. Itu menandakan bahwa jarum akupunktur telah merangsang syaraf yang tepat untuk mengalirkan energi secara maksimal.
  • Jangan tegang, karena otot yang tegang  akan menyulitkan keluar-masuknya jarum sehingga dapat menimbulkan rasa sakit. Usahakan rileks agar otot Anda kendor.
  •   Jangan lakukan akupunktur saat perun kosong atau perut kekenyangan.
  •  Lakukan akupunktur dengan posisi tidur, jika Anda kurang tidur, kurang darah, atau merasa sangat lemas.
  •  Terbuka dengan terapis. Jika Anda memiliki penyakit-penyakit seperti: kencing manis, vertigo, darah rendah, darah tinggi dan bawaan jantung maka sampaikan kepada terapis Anda. Hal ini supaya terapis akan ekstra berhati-hati.
  •  Jika Anda sedang hamil atau menstruasi. Ada titik-titik meridian yang berbahaya dalam kondisi hamil atau mentruasi. Oleh karena itu, beritahukan kepada terapi agar menghindari penusukan pada titik-titik berbahaya.

Setelah Anda mengetahui beberapa fakta sebelum melakukan terapi akupunktur, maka Anda juga perlu selektif dalam memilih terapis. Pilih terapis yang telah mendapatkan sertifikat dan izin praktik pengobatan tradisional. Selain itu, pastikan terapis menggunakan jarum sekali pakai untuk menghindari penularan virus.

Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar