Rabu, 14 September 2016

Manfaat Pijat Kaki untuk Kesehatan
Kampus Berkualitas22.05 0 komentar




Dalam dunia kesehatan, pijat merupakan upaya untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Pijat biasanya dilakukan dengan menggunakan tangan atau dengan bantuan alat.
Pijat kaki merupakan salah satu metode refleksi yang dinilai praktis dan memiliki banyak manfaat daripada refleksi seluruh tubuh. Hal ini berdasarkan pada prinsip bahwa setiap bagian tubuh, seperti organ dan kelenjar diwakili oleh titik-titik saraf pada permukaan tubuh. Organ-organ dan kelenjar-kelenjar ini dapat dicapai dengan menekan titik-titik saraf tersebut, baik dengan jempol, jari, atau dengan alat tumpul. Oleh karena itu, seluruh anatomi tubuh dapat dipetakan dalam diagram telapak kaki.

Lalu, apa saja manfaat yang dapat kita rasakan setelah melakukan pijat kaki? Simak ulasannya berikut ini.

      Menghilangkan pegal-pegal
Pijat kaki dapat menghilangkan rasa pegal yang dialami tubuh, terutama setelah melakukan berbagai macam aktivitas yang berat seharian.
Beberapa teknik pijat kaki dengan berbagai alat
      Menghilangkan kram dan kesemutan
Dengan memanfaatkan metode pijat kaki ini, rasa sakit yang diakibatkan oleh kram dan juga kesemutan dapat hilang dengan mudah. Hal ini dikarenakan adanya beberapa teknik khusus dalam melakukan proses pemijatan.

      Menjaga kesehatan tulang dan juga kekuatan dari kaki
Kualitas kesehatan tulang dan juga kekuatan kaki akan menjadi lebih baik, terutama pada bagian lutut dan juga persendian, dimana pada daerah tersebut sering terjadi masalah seperti nyeri sendi.
      
      Menyembuhkan kaki yang keseleo dan memar karena benturan
Dengan melakukan pijat kaki secara rutin, maka kaki Anda yang keseleo atau terjatuh dapat disembuhkan dengan teknik-teknik tertentu. Namun, biasanya refleksi kaki hanya dapat membantu masalah keseleo ringan saja, tidak sampai membantu masalah patah tulang.

      Meringankan dan mengendurkan otot kaki yang menegang
Pada suatu kondisi tertentu seperti kelelahan, stres ataupun terserang penyakit, otot dan juga syaraf pada tubuh kita akan menegang dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Pijat kaki dapat menjadi alternatif penyembuhan untuk otot kaki yang menegang.

      Memberikan efek relaksasi dan juga kenyamanan bagi seluruh tubuh
Meskipun pijat kaki dilakukan pada bagian kaki saja, namun manfaat pijat kaki dapat terasa hingga keseluruh tubuh. Tubuh Anda akan memperoleh kondisi rileks yang lebih baik lagi setelah melakukan pijat kaki. 

         Memperlancar peredaran darah
Dengan lancarnya peredaran darah di dalam tubuh Anda, maka suplai darah dan juga oksigen ke seluruh organ serta bagian tubuh dapat menjadi lebih optimal, dan akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan terhindar dari resiko berbagai macam penyakit.

      Mencegah berbagai macam penyakit kronis yang berbahaya
Ada beberapa metode dari refleksi kaki yang juga menggabugkan teknik akupuntur dan acupressure pada bagian telapak kaki. Metode ini memilki banyak sekali manfaat bagi tubuh, terutama dapat membantu Anda mencegah berbagai macam penyakit kronis, seperti kanker, darah tinggi, asam urat, diabetes, dan kolestrol tinggi.

Nah, itulah manfaat pijat kaki untuk kesehatan yang perlu diketahui. Untuk melakukan pijat kaki, anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Saat ini, alat-alat kesehatan yang dapat melakukan refleksi kaki sudah banyak beredar di pasaran dan dapat dengan mudah Anda operasikan.

In Category : , , , ,
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar