Rabu, 14 September 2016

Pijat Tui Na Solusi Alternatif Penambah Nafsu Makan Anak
Kampus Berkualitas22.17 0 komentar



Pijat tui na bukanlah sekedar pijat refleksi biasa, pijat ini termasuk dalam bagian pengobatan tradisional China yang tidak hanya bekerja di otot dan sendi melainkan juga mencapai titik energi vital hidup manusia (energi chi). Melalui pijat ini, peredaran energi chi dalam tubuh Anda dapat berjalan lancar sehingga menciptakan keseimbangan dan menjadi penyembuh dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh ketidakseimbangan energi chi. Umumnya, pijat tui na digunakan untuk penyembuhan penyakit yang berhubungan dengan tulang seperti sakit pinggang, nyeri kaki dan pundak. Selain itu juga dipercaya efektif untuk mengembalikan dan meningkatkan nafsu makan pada anak. Sebaiknya pemakaian obat penambah nafsu makan bagi anak dikurangi dan mulai beralih ke pijat tui na.

Berikut langkah mudah pijat tui na yang dipercaya aman diterapkan pada anak-anak dan dapat menambah nafsu makan, sehingga pemenuhan gizi di tubuh anak bisa maksimal.

1. Tekuk sedikit ibu jari anak dan gosok garis di pinggir ibu jari di sisi telapaknya. Pijat dari ujung ibu jari hingga ke pangkalnya antara 100-500 kali. Gerakan ini membantu memperkuat fungsi pencernaan dan limpa.

2. Pijat tekan melingkar bagian pangkal ibu jari yang paling tebal berdaging 100-300 kali. Fungsinya untuk menguraikan akumulasi makanan yang belum dicerna serta menstimulasi kelancaran sistem pencernaan.

3. Gosok melingkar tengah telapak tangan sebanyak 100-300 kali dengan radius lingkaran kurang dari dua pertiga dari tengah telapak tangan ke pangkal jari kelingking. Fungsinya untuk memperlancar sirkulasi darah.

4. Tusuk dengan kuku Anda dan tekan melingkar titik yang berada di tengah lekuk buku jari yang terdekat dengan telapak dan pijat tekan sebanyak 30-50 kali tiap titik. Langkah ini untuk memecah stagnasi di meridian.

5. Tekan melingkar dengan bagian tengah telapak tangan Anda, tepat di atas area pusar dengan gerakan searah jarum jam sebanyak 100-300 kali. Gerakan pijat memutar ini fungsinya untuk menstimulasi makanan agar lebih lancar.

6. Gunakan kedua ibu jari untuk menekan dan buat gerakan memanjang di bawah rusuk menuju perut samping sebanyak 100-300 kali. Fungsinya untuk memperkuat fungsi limpa, lambung dan memperbaiki pencernaan.

7. Lakukan gerakan melingkar dengan ditekan di area bawah lutut bagian luar, di bawah tempurung lututnya sebanyak 50-100 kali. Fungsinya untuk menyelaraskan lambung, usus dan pencernaan.

8. Pijat punggung dan tekan dengan ringan dari atas ke bawah dan cubit kulit di kiri-kanan tulang ekor merambat ke atas. Lalu sebanyak 3-5 kali. Langkah ini mendukung aliran energi chi.
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar