Selasa, 06 September 2016

Semarak Dies Natalis 30 Tahun IIK Bhakti Wiyata
Kampus Berkualitas20.37 0 komentar


Dalam rangka merayakan ulang tahun Yayasan Bhakti Wiyata ke 30, maka tanggal 23-28 November 2015 lalu diadakanlah serangkaian acara Dies Natalis IIK Bhakti Wiyata Kediri ke 30 tahun. Acara tersebut diisi oleh beragam kegiatan mulai dari open house, jalan sehat, hingga lomba akademik maupun non akademik.  Adapun lomba akademik meliputi lomba Karya Tulis Ilmiah SMA/ sederajat tingkat Jawa Timur, Karya Tulis Ilmiah Institut Ilmu Kesehatan (IIK),  Cerdas Cermat bagi kalangan internal (IIK) dan SMK Kesehatan Bhakti Wiyata (SMKK BW). Selain lomba akademik, diadakan pula lomba non akademik yakni IIK Mencari Bintang season 3. Serangkaian kegiatan tersebut, berjalan lancar dan meriah hingga penutupan acara pada tanggal 28 November 2015 yang diadakan di Gor Jayabaya Kediri.

Cerdas Cermat SMKK BW dan IIK

Serangkaian acara Dies Natalis IIK Bhakti Wiyata Kediri ke 30 tahun diawali dengan lomba cerdas cermat yang diikuti oleh 14 tim perwakilan prodi di IIK dan 19 tim perwakilan dari SMKK BW. Lomba cerdas cermat ini pun diadakan dalam beberapa tahapan:
  • Babak Penyisihan ( 21 November 2015)
  • Babak Semifinal (23 November 2015)
  • Babak Final (24 November 2015)
Khusus pada babak penyisihan, lomba diadakan secara tertutup. Barulah ketika babak semifinal dan final, para peserta beradu tangkas tak hanya di hadapan dewan juri, melainkan juga disaksikan oleh para supporter di Graha IIK lantai 4 dan diperolehlah juara-juara dari SMKK BW dan IIK.


Audisi IMB Season 3

Audisi IMB season 3 dilaksanakan selama 2 hari yakni pada tanggal 24 dan 25 November 2015. Sebanyak 47 peserta kategori vocal dan band mengikuti audisi di dua tempat, yakni  41 peserta kategori vocal audisi di Laboratorium Audio Visual (Lab. Ava) IIK, sedangkan 6 peserta kategori band mengikuti audisi di Studio Assa.

Para peserta kategori vocal datang dari berbagai penjuru kota seperti Trenggalek, Nganjuk hingga Magetan. Meski mereka baru dalam tahap sesi audisi, tapi tampak bahwa para peserta tak main-main untuk beradu bakat dengan peserta lainnya, karena beberapa peserta juga menunjukkan kepiawaiannya memainkan alat musik seperti keyboard, gitar dan biola sambil bernyanyi. Genre lagu yang dibawakan juga beragam, mulai dari pop hingga dangdut.

Audisi IMB Season 3 hari kedua yang diadakan pada tanggal 25 November menampilkan 19 peserta dari kategori dance. Salah satu peserta juga ada yang menampilkan bakat magic di hadapan dewan juri. Para peserta di hari kedua ini kebanyakan berasal dari Tulungagung, Nganjuk, Semarang, serta kota lainnya. Mereka tampil dengan totalitas berikut dengan kostum tari mereka. Dari semua tahapan audisi, terpilihlah 15 peserta yang maju ke babak final untuk  tampil di depan ribuan pengunjung dalam acara puncak Dies Natalis IIK di Gor Jayabaya Kediri pada tanggal 28 November 2015.

Para peserta audisi IMB season 3 menunggu
giliran untuk menampilkan bakatnya
di Lab. AVA.

Jalan Santai

Yayasan Bhakti Wiyata mengadakan jalan sehat yang diikuti oleh segenap keluarga besar IIK dan SMKK BW pada tanggal 25 November 2015. Sekitar 2.000 orang mulai berkumpul memadati area IIK sejak pukul 6 pagi. Mereka antusias mengikuti jalan sehat  dengan rute KDP Slamet- Veteran – Penanggungan- Bandar dan berakhir di IIK (KH. Wachid Hasyim no. 65, Kediri). Puncak dari kegiatan ini dipilihlah 4 kelompok terbaik  dengan kategori kostum terbaik, yel-yel terbaik, kelompok terkompak dan kelompok terkreatif. Selepas acara jalan sehat, mereka pun berkumpul di Graha IIK lantai 4 untuk menyaksikan audisi IMB hari kedua sambil menikmati makanan dan minuman yang dijajakan oleh beberapa stand dari luar.

Kemeriahan acara jalan santai dimulai secara
simbolis oleh panitia.

Karya Tulis Ilmiah (KTI)

Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diikuti oleh
mahasiswa IIK.
Serangkaian acara Dies Natalis pun tetap berlanjut di tanggal 26 November 2015, IIK semakin ramai karena kedatangan 15 tim finalis lomba KTI pelajar SMA/ sederajat  yang berasal dari berbagai wilayah Jawa Timur. Adapun 15 finalis tersebut terdiri dari perwakilan sekolah SMA Balopanggang Gresik, SMA Muhammadiyah 1 Sumenep, SMA Muhammadiyah 1 Babat, SMAN 2 Lamongan, SMAN 1 Probolinggo, SMAN 1 Wringinanom Gresik, MAN Purwoasri Kediri, SMAN 1 Taman Sidoarjo, SMAN 1 Kediri, SMAN Lamongan, SMA Islam Kota Pasuruan dan SMAN 1 Ponorogo.

Kedatangan mereka disambut dengan tarian yang dipentaskan oleh 2 mahasiswa IIK dan juga adanya campus tour singkat dengan dipandu oleh panitia mahasiswa IIK. Setelah proses penyambutan, maka tibalah saat para peserta mempresentasikan hasil karya tulis di hadapan para dewan juri. Beberapa tim tampak membawa prototype untuk diperagakan di depan dewan juri. Masing- masing peserta diberi waktu 10 menit untuk menjelaskan karya tulis mereka.

Di ruangan lain secara bersamaan diadakan pula final lomba karya tulis bagi mahasiswa IIK. Terdapat 10 finalis tim yang mewakili beberapa prodi di IIK seperti S1 Kesehatan Masyarakat, S1 Kedokteran Gigi, S1 Farmasi, S1 Biologi, S1 Kimia, D3 Teknik Gigi, D3 dan D4 Analis Kesehatan. Melalui tema umum “Penerapan IPTEK di Bidang Kesehatan”  sehingga lomba karya tulis ini dapat diikuti oleh mahasiswa lintas prodi di IIK.

Kedua lomba karya tulis ilmiiah baik dari kategori SMA/sederajat maupun IIK menggelar acara selama sehari artinya pemenang juga diumumkan di hari yang sama. Setelah semua peserta selesai mempresentasikan karya tulis mereka, pihak juri pun berunding untuk menentukan kelompok mana yang berhasil jadi pemenang. Sebagai bentuk apresiasi dari hasil karya tulis mereka, panitia juga memberikan sertifikat kepada para kelompok yang belum beruntung menjadi pemenang.


Mr-Miss IIK dan Putra-Putri BW

Pemilihan Mr Miss IIK dan Putra-Putri Bhakti Wiyata Kediri merupakan kompetisi yang diperuntukkan bagi mahasiswa IIK dan siwa-siswi SMK Kesehatan Bhakti Wiyata(SMKKBW) yang berbakat melalui proses seleksi yang ketat dan penilaian dari para juri. Proses seleksi finalis disaring melalui tahap karantina selama tiga hari, yakni tanggal 19-21 Oktober 2015.

Pada karantina hari pertama, sebanyak 35 peserta mahasiswa dan 30 peserta siswa-siswi SMK Kesehatan Bhakti Wiyata tampak semangat memadati Laboratorium Audio Visual Auditorium (AVA). Mereka dibekali dengan materi kelembagaan, etika kepribadian, dan kecantikan. Pada hari kedua dengan jumlah peserta yang masih sama, para finalis menjalani tes tulis, tes lisan dan pembekalan modeling di Graha IIK Kediri.

Pada hari terakhir karantina, para finalis menampilkan aksi unjuk bakat (talenta) dan modeling. Dari serangkaian acara karantina ini, maka terpilihlah 14 mahasiswa IIK dan 10 siswa-siswi SMKKBW yang berhasil masuk dalam babak final dan mereka akan tampil dalam acara puncak Dies Natalis IIK Bhakti Wiyata Kediri untuk memperebutkan gelar Mr Miss IIK dan Putra-Putri Bhakti Wiyata 2015-2016.

Para peserta Mr & Miss IIK dan Putra & Putri
Bhakti Wiyata mengikuti beauty class.

Open House

Selepas kegiatan perlombaan akademik yang telah berlangsung sejak tanggal 23-26 November 2015, IIK menyelenggarakan acara “Open House” pada tanggal 27 November 2015. Acara ini terbuka untuk masyarakat luas, khususnya para pelajar SMP dan SMA yang ingin mencoba free lecture prodi yang mereka minati baik di IIK maupun di SMK Kesehatan Bhakti Wiyata.

Open House tersebut mendapat apresiasi positif di kalangan masyarakat dan banyak yang datang untuk mencoba free lecture lebih dari 1 prodi. Mereka antusias untuk bertanya kepada dosen yang memberikan informasi tentang garis besar yang dipelajari dalam setiap prodi.

Semoga dengan adanya kegiatan ini, para pelajar dapat termotivasi untuk mengenyam pendidikan lebih tinggi dan memajukan dunia kesehatan Indonesia. Sampai jumpa di “Open House 2016” mendatang!

Antusiasme tamu Open House mencoba
free lecture di salah satu prodi IIK.
In Category : , , ,
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar