Minggu, 25 September 2016

Manfaatkan Bahan Alam untuk Menyembuhkan Bekas Luka
Kampus Berkualitas23.35 0 komentar


Bekas luka bagi beberapa orang tentu mengganggu dan ingin sekali untuk dihilangkan. Selain menggunakan obat-obatan yang kini beredar di pasaran, cara lain untuk menghilangkan bekas luka bisa memanfaatkan bahan-bahan dari alam seperti madu, jeruk nipis, minyak zaitun, dan minyak biji pangkal mawar. Mari simak bagaimana cara meramu bahan alam untuk penyembuhan bekas luka berikut ini:

Madu

Madu dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, mulai dari pereda batuk, alergi hingga pencegahan kanker. Madu pun juga berkhasiat untuk penyembuhan dan menghilangkan bekas luka. Cara untuk penyembuhan luka ialah oleskan madu secara langsung pada luka sebanyak 15 ml – 30 ml dengan ditutup kasa steril atau perban dan diganti setiap 12 jam/ 24 jam/ 48 jam sekali tergantung kondisi luka. Sedangkan untuk menghilangkan bekas luka, cukup oleskan madu pada bekas luka dan diamkan selama semalaman. Lakukan secara rutin hingga bekas luka memudar dan hilang.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis yang biasa dicampur untuk  minuman bisa menjadi obat alami menghilangkan bekas luka Anda seperti bekas luka jerawat, noda hitam, panu dan kurap. Untuk menghilangkan bekas luka jerawat, Anda dapat menggabungkan perasan jeruk nipis dengan madu. Sifat asam pada jeruk nipis dapat mengontrol kelebihan minyak dan sifat anti bakteri pada madu dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menimbulkan jerawat. Lalu untuk menghilangkan noda hitam pada wajah,  caranya 1 buah jeruk nipis dibelah menjadi beberapa bagian lalu dioleskan pada noda hitam setelah itu bilas dengan air hangat. Jangan kaget jika awalnya akan terasa perih, hal  tersebut merupakan proses menghilangkan noda hitam di kulit. Selain itu, jeruk nipis juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan panu dan kurap dengan cara mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan tanaman akar landep yang telah ditumbuk. Campuran tersebut kemudian digosokkan pada panu dan kurap lalu dibalut dengan perban. Gantilah perban 2 kali sehari hingga panu dan kurap sembuh.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat menghilangkan bekas luka dan bekas jerawat pada wajah dan tubuh. Caranya dengan mengoleskan minyak pada bekas luka secara rutin hingga bekas luka memudar dan hilang. Selain itu, kandungan zat oleochantal pada minyak zaitun dapat mengurangi rasa nyeri akibat radang yang ditimbulkan oleh luka lecet atau luka sobek.

Minyak Biji Pangkal Bunga Mawar

Minyak ini kini telah banyak beredar dalam kemasan produk kecantikan dan terbukti dapat menghilangkan bekas luka pada kulit dan bekas jerawat. Cukup oleskan dan lakukan pemijatan berkala selama 15 menit sebanyak 2 kali sehari secara rutin menggunakan minyak biji pangkal mawar, maka bekas luka akan memudar.


Ada banyak bahan alam di sekitar Anda yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan dan perawatan tubuh. Semua tergantung bagaimana usaha Anda dalam mencari informasi dan mau usaha ektra untuk meracik bahan-bahan alam tersebut agar tidak terbuang sia-sia. Jadi sudah siapkah Anda memanfaatkan kekayaan alam demi kesehatan tubuh? Selamat mencoba.
In Category : , ,
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar