Senin, 05 September 2016

Makanan Tepat Menghindari Asam Urat
Kampus Berkualitas23.37 0 komentar


 

Penyakit asam urat adalah jenis artritis (radang sendi) yang disebabkan oleh penumpukan kristal pada persendian, yang diakibatkan oleh tingginya kadar asam urat di dalam tubuh. Biasanya hal ini terjadi pada orang di atas umur 30 tahun, namun tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada umur 20 tahun. Kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5 hingga 7 mg/dl dan pada wanita 2,6 - 6 mg/dl . Asam urat memiliki manfaat bagi tubuh kita jika kadarnya seimbang. Asam urat berfungsi sebagai antioksidan dan bermanfaat meregenerasi sel yang rusak.

Kadar asam urat berlebihan akan memicu produksi kristal di persendian sehingga menimbulkan berbagai keluhan penyakit asam urat seperti:
  • Sendi terasa ngilu atau kesemutan, bahkan bisa membengkak.
  • Ngilu sendi paling sering dirasakan saat pagi hari setelah bangun tidur.
  • Sendi yang sering terserang ngilu yaitu jari kaki, jari tangan, lutu, tumit, pergelangan tangan dan siku.
  • Sendi akan terasa semakin sakit saat digerakkan.

Agar Anda terhindar dari penyakit asam urat bahkan diet ketat dan sehat agar kadar asam urat dalam tubuh tidak berlebih. Konsumsilan makanan dengan kandungan purin yang rendah namun mengandung potasium tinggi seperti:
Sumber Karbohidrat
Konsumsilah sumber karbohidrat seperti nasi, bubur, bihun, roti, gandum, makaroni, pasta, jagung, kentang, ubi, talas, singkong, dan havermout. Sumber karbohidrat ini sangat aman meskipun dikonsumsi setiap hari.

Sumber Protein Hewani
Didapat dari telur dan susu skim/susu rendah lemak. Batasilah mengonsumsi daging ayam dan daging ikan laut.

Sumber Protein Nabati
Kementrian Kesehatan RI tidak menganjurkan pasien asam urat mengonsumsi jenis protein nabati. Namun jika Anda bersikeras, batasilah mengonsumsi protein nabati seperti olahan kacang hijau, kacang tanah, dan kedelai paling banyak 25 gram/hari.

Sayuran
Hampir semua jenis sayuran dianjurkan bagi pasien asam urat, kecuali bayam, buncis, kol, kangkung dan jamur. Sayuran tersebut dibatasi untuk dikonsumsi paling banyak 100 gram/hari

Buah-buahan
Semua macam jenis buah-buahan sangat baik bagi pasien asam urat. Adapun buah-buahan yang paling baik yaitu stroberi, kiwi, semangka, pepaya, apel, dan pisang.

Minuman
Semua jenis minuman dapat dikonsumsi oleh pasien asam urat, kecuali yang mengandung kafein seperti kopi atau teh kental, dan yang mengandung alkohol atau soda seperti bir/softdrink.

Bumbu-bumbu
Gunakanlah bumbu makanan secukupnya. Batasilah mengonsumsi makanan yang berlemak, menggunakan santan kental, dan makanan
yang digoreng.
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar