Kamis, 15 September 2016

Kenali Lebih Dalam KEASLIAN OBAT CHINA
Kampus Berkualitas00.41 0 komentar


Seiring dengan perkembangan teknologi dan masuknya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) ke Indonesia, marak pula penjualan produk-produk dalam berbagai sektor, salah satunya sektor farmasi. Dunia farmasi yang menyangkut obat begitu marak diperjualbelikan di Indonesia. Saat ini negara di luar Indonesia banyak yang mulai memasukkan produk obat-obatan di Negara Indonesia, contohnya seperti Negara China dengan obat-obatan tradisional China. Alternatif pengobatan China telah banyak memberikan efek yang baik untuk penyembuhan berbagai macam penyakit. Selain itu, efek sampingnya juga lebih kecil karena menggunakan tanaman herbal yang berkhasiat.

Dalam membeli obat-obatan tradisional China, konsumen juga harus selektif dan cermat. Sebab, biasanya obat-obat dari Sinse (dokter pengobatan China) harus disertai resep dan akan dituliskan dalam bahasa China.

Obat China memang digunakan untuk meringankan dan menyembuhkan suatu penyakit. Namun, kini banyak oknum yang mencoba mengambil kesempatan untuk memalsukan dan meniru berbagai obat China yang beredar di pasaran. Penyakit mungkin tidak menjadi sembuh malah bertambah parah hingga nyawa yang akan dipertaruhkan. Anda harus mulai waspada terhadap setiap jenis obat yang Anda beli. Dalam membeli obat-obatan tradisional China, maka konsumen harus jeli sebelum membeli, sehingga tidak akan tertipu dengan obat China yang palsu.



Berikut ini akan dipaparkan beberapa saran sebagai panduan membeli obat China menurut DR.dr. William Aditeja, dokter pengobatan China tradisional (Traditional Chinese Medicine):

Amati Kemasan

  • Pilih yang mencantumkan izin BPOM yang dicetak pada kemasannya
  • Nama & alamat perusahaan pengimpor tercantum jelas
  • Terdapat hologram nama perusahaan yang mengimpornya
  • Jelas keterangan kandungan isi atau komposisinya
  • Tercantum nomor telepon customer service dan konsultasi 
  • Tanggal kadaluwarsa (expired date)
  • Teliti indikasi dan kontraindikasinya (pantangan)
  • Jangan membeli yang tidak ada bahasa Indonesianya

Amati Obat

  • Bau obat tradisional China berbeda dengan obat kimia sintetis, karena bau obat China seperti jamu
  • Bubuk dalam kapsul obat tradisional China lebih kasar
  • Warna obat tradisional China lebih kecokelatan

Selain memperhatikan panduan dalam membeli obat China, kita juga perlu memperhatikan hal-hal ketika mengkonsumsi obat China, beberapa diantaranya adalah penyajian yang benar, waktu minum yang tepat, dosis tepat, dan kesabaran dari pasien sendiri dalam proses penyembuhan dengan obat China.

Langkah antisipatif memang harus dilakukan sebelum membeli obat tradisional China, karena konsumen memang harus lebih bertindak jeli agar obat yang dibeli benar-benar asli. Mari bertindak jeli dan mengenali lebih dalam obat yang kita beli, karena kesehatan adalah hal utama yang harus jaga. 

Bila kapsul dibuka, bubuk obat tradisional
    China lebih kasar

Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar