Senin, 05 September 2016

John Graunt Pelopor Rekam Medis di Abad XVII
Kampus Berkualitas00.36 0 komentar


John Graunt lahir pada tanggal 24 April 1620 di London. Beliau merupakan pria berkebangsaan Inggris dan terlahir di keluarga pengusaha pakaian pria. John Graunt merupakan anak tertua dari 7 bersaudara,dari pasangan Henry dan Mary Graunt,mereka awalnya adalah imigran London dari Hampshire.

Pada tahun 1662 ayah Graunt meninggal dunia,dan perusahaan milik ayahnya di wariskan kepadanya. Karier John Graunt di bisnis ayahnya terbilang sangat sukses hingga mendapat posisi penting dalam serikat Perusahaan Tekstil. Meskipun demikian, John Graunt memiliki ketertarikan yang kuat terhadap ilmu pengetahuan.

John Graunt bekerja sama dengan William Petty, keduanya banyak mempelajari berbagai penelitian ilmiah dari berbagai profesor universitas Oxford. Dengan usaha kerasnya mereka berhasil mengembangkan statistika modern. Karya ilmiah yang berhasil diciptakannya adalah Natural and Political Observations Made upon the Bills of Mortality  yang mengangkat prinsip-prinsip matematika dalam analis statistik  dan demografi. Melalui karyanya inilah John Graunt dinobatkan sebagai ahli demografi dan epidemiologi  pertama di dunia.

Karyanya mulai sangat terkenal saat wabah penyakit Pes / Sampar melanda London pada tahun 1665. Banyak korban jiwa yang berjatuhan, membuat para ahli medis dan pemimpin gusar akibat kerugian dan kekacauan yang diakibatkannya. Para pemimpin melihat karya John Graunt yang berisi metode dan pedoman teknis pengelompokan penyakit dan gejalanya dapat dijadikan pedoman dalam mengklasifikasikan penyakit dan mengatasi penyakit Pes.
Wabah Penyakit Pes


Saat itulah Raja Charles II tertarik kepada karya John Graunt, dan menjadikannya pedoman pengetahuan dalam mengatasi wabah penyakit Pes. Bersama ilmuwan lainnya, John berusaha menciptakan sebuah sistem untuk menangani dan mencegah wabah Pes. Saat itulah nama John Graunt terkenal dan dijuluki sebagai pakar pertama epidemiologi.

Berkat penemuan dan pengembangan John Graunt terhadap statistika modern, penyakit Pes sedikit demi sedikit mulai menurun di Eropa. Raja Charles lalu mengangkat John Graunt sebagai anggota Ro yal Society yaitu golongan bangsawan karena jasanya yang telah mengatasi wabah Pes.

Pes atau sampar adalah penyakit menular pada manusia yang disebabkan oleh enterobakteria Yersinia pestis. Penyakit pes disebarkan oleh hewan pengerat terutama tikus.

Gejala yang ditimbulkan :
  • Demam tinggi secara tiba-tiba
  • Sesak napas
  • Batuk disertai darah.
  • Timbulnya pembengkakan kelenjar getah Bening (limfe) di daerah ketiak, lipat paha, dan daerah sekitar leher.
Tercatat lebih dari 245.375 korban meninggal di London, kejadian mengerikan ini dikenal sebagai Black Death.

Dalam sejarah tidak disebutkan bahwa John Graunt merupakan penemu RMIK, namun kaitan John Graunt dengan RMIK karena  karyanya Graunt Bill of Mortality termaksud dalam usaha pengembangan Klasifikasi Penyebab Kematian. Itulah sejarah awal perkembangan ICD dalam dunia medis. John Graunt membuat klasifikasi penyakit dan penyebab kematian pada anak sebelum menginjak usia 6 tahun. Saat itu data-data tentang kematian pada usia tertentu belum ada. Jhon Graunt lah yang  membuat pertama kali data penduduk kota yang meninggal berdasarkan klasifikasi usianya. Sekarang Klasifikasi Penyakit secara Internasional yang di kembangkan dalam ICD dari jaman ke jaman terus berkembang, dan menjadi pedoman tenaga Rekam Medis dalam mengklasifikasikan penyakit.
Buku Natural and Political Observations Made upon the Bills of Mortality


In Category : , ,
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar