Senin, 05 September 2016

Wisata Candi Borobudur
Kampus Berkualitas00.39 0 komentar



Keajaiban Dunia di Bumi Nusantara

Candi Borobudur merupakan salah satu tempat wisata yang menarik perhatian wisata domestik dan juga mancanegara. Nama candi Borobudur tentu tidak asing lagi bagi Anda. Candi ini disebut sebagai kompleks Candi Buddha terbesar di Indonesia, bahkan juga terbesar dunia. UNESCO menetapkannya sebagai cagar budaya dunia dan telah menjadi salah satu situs warisan dunia pada tahun 1991.



Candi ini memiliki luas 123 x 123 meter persegi dan terdiri dari 10 tingkat. Bangunannya tersusun dari balok vulkanik yang membentuk 504 arca, 72 stupa dan sebuah stupa induk besar di puncaknya. Dinding Candi Borobudur dihiasi sekitar 1.460 panel relief dengan panjang masing-masing panel 2 meter. Panel-panel relief ini menceritakan mengenai tingkatan kehidupan Buddha. Relief di bagian bawah candi disebut dengan ‘Kamadathu’ yang menceritakan tentang perilaku buruk manusia yang dipenuhi nafsu dunia dan membuatnya masuk neraka. Relief bagian tengah disebut ‘Rapadathu’, bercerita tentang manusia yang sudah terbebas dari hawa nafsu dunia, sedangkan relief teratas adalah ‘Arupadhatu’. Relief ini menggambarkan tingkatan pencapaian teratas di mana para dewa bersemayam.

Selain tiga relief tersebut, sebenarnya masih ada panel relief di bagian terbawah candi yang terkubur. Menurut para ahli sejarah, relief yang terkubur tersebut bernama ‘Karmawibhangga’.
Inilah relief yang menceritakan mengenai tingkatan terbawah manusia. Relief ini menggambarkan perilaku buruk manusia yang mengikuti hawa nafsunya seperti membunuh, bergosip dan memerkosa. Bahkan disebutkan ada gambar hubungan suami istri. Penguburan panel relief ini memiliki dua alasan yaitu karena relief yang dianggap tidak sopan dan karena upaya pengokohan agar candi tetap berdiri tegak.
Ketika sudah sampai di puncak terdapat kubah besar tertinggi Candi Borobudur. Di situ anda dapat melihat pemandangan bukit-bukit yang indah dari puncak candi. Maklum saja ketinggian candi ini sekira 35 meter.

Relief terkubur pada Candi Borobudur
yang bernama ‘Karmawibhangga’.

Salah satu relief di dinding koridor
Candi Borobudur.

Hal Menarik Saat Berkunjung

Mempelajari Seni dan Sastra Budaya
Jika Anda sangat menyukai seni sastra dan budaya, tentu menjadi pengalaman menarik dapat membaca serta mengamati paniel relief di dinding candi borobudur. Untuk dapat membaca cerita relief ini secara berurutan, Anda harus berjalan mengitari candi searah putaran jarum jam yaitu dari kiri ke kanan. Mulailah dari pintu timur di tingkatan terbawah dan berjalanlah memutar sampai kembali ke pintu awal kemudian naik tangga ke tingkatan berikutnya. Lakukan hal ini terus-menerus sampai ke tingkatan teratas untuk mendapatkan cerita yang berurutan dan utuh.

Hunting Foto
Tempat wisata ini memiliki banyak angle yang menarik untuk memotret bagi Anda pecinta foto. Bahkan jika Anda ingin dapat moment yang terbaik, tunggulah saat matahari terbit dan terbenam. Karena candi borobudur dikenal memiliki pemandangan yang cantik pada saat itu.

Belanja Souvenir
Bagi Anda penggemar shopping wajib untuk mengunjungi sebuah toko souvenir. Tak jauh dari kompleks Candi Borobudur, terdapat deretan kios souvenir khas candi. Anda bisa membeli beragam barang mulai dari topi, kaos, tas, gantungan kunci sampai miniatur candi. Harga yang ditawarkan bervariasi, gunakan kemampuan Anda dalam menawar sebaik mungkin.

Beragam souvenir gantungan kunci khas Candi Borobudur

Menikmati kemegahan Candi Borobudur di sekitar pelataran kompleks candi yang luas ini, bisa anda lakukan dengan menyewa sepeda, naik kereta kelinci bersama keluarga dan juga bisa naik andong atau dengan berjalan menyusuri lorong dan naik ke tingkat teratas candi. Satu hal yang jangan dilewatkan adalah menyaksikan Borobudur sunrise dan sunset dari atas Candi Borobudur. Siraman cahaya mentari pagi yang menerpa stupa dan arca Buddha membuat keagungan dan kemegahan candi lebih terasa. Sedangkan berdiri di puncak candi saat senja bersama deretan stupa dan menyaksikan sinar matahari yang perlahan mulai hilang akan menciptakan perasaan tenang dan damai.

Jam Buka dan Harga Tiket

Setiap hari: Pukul 06:00 – 17:00 WIB
Tarif tiket masuk:
 -  Dewasa WNI  : Rp 30.000 
     WNA:  15 USD 
 -   Anak-anak  WNI : Rp 12.500
      WNA: 8 USD

Transportasi

Candi Borobudur berada di Jalan Badrawati, Magelang, Jawa Tengah.
Cara paling praktis tentu saja dengan menggunakan mobil pribadi atau memakai jasa agen perjalanan wisata. Jika Anda memilih transportasi umum, Ada banyak bus jurusan Candi Borobudur yang bisa Anda temukan di Terminal Giwangan, Jogja.

Kereta kelinci salah satu transportasi
untuk berkeliling area Candi Borobudur


In Category :
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar