Senin, 05 September 2016

Cintai dan Lindungi Ekosistem Laut Indonesia
Kampus Berkualitas23.57 0 komentar


Keindahan alam Indonesia memiliki daya tarik yang tinggi, salah satunya adalah lautan. Laut Indonesia mengandung keanekaragaman sumber daya alam laut yang sangat potensial, baik hayati maupun non-hayati yang memberikan nilai besar pada sumber daya alam. Seperti ikan, terumbu karang dengan kekayaan biologi yang bernilai ekonomi tinggi, wisata bahari, sumber energi maupun minyak dan gas bumi, mineral langka, serta media transportasi antar pulau yang sangat ekonomis.


Indonesia adalah negara yang sangat kaya dan memiliki berbagai macam kekayaan alam yang sangat berlimpah. Salah satunya, terumbu karang sebagai pusat keanekaragaman hayati laut terkaya di dunia yang memiliki struktur alami serta mempunyai nilai estetika yang tiada taranya. Selain sebagai lingkungan yang alami, terumbu karang juga mempunyai banyak manfaat bagi manusia dalam berbagai aspek ekonomi, sosial dan budaya.

Kini ekosistem laut berada dalam kondisi yang mengkhawatirkan. Eksploitasi ikan yang berlebihan dan kemunduran kualitas habitat laut dan pesisir, kerap terjadi akibat ulah manusia, mengancam keanekaragaman hayati dan penghidupan masyarakat yang tergantung pada sumber daya laut. Oleh sebab itu, perlunya peran aktif pemerintah dan kesadaran masyarakat sekitar untuk melindungi dan menjaga kelestarian alam laut Indonesia.

Penyebab Kerusakan Ekosistem Lautan

Laut Indonesia adalah pusat penting keanekaragaman hayati laut di dunia sekaligus tempat penangkapan ikan sangat berharga yang menyediakan makanan dan mata pencaharian untuk jutaan orang.
Kebanyakan manusia yang tidak menyadari bahwa aktivitas mereka dapat mengakibatkan dampak serius pada kekuatan-kekuatan penting yang mengatur bumi ini.  Secara fundamental, manusia telah mengubah iklim global dan baru saja mengerti konsekuensinya.

Tak terhitung banyaknya jumlah tekanan yang diberikan oleh manusia kepada laut baik secara langsung dan tidak langsung pada ekosistem saat spesies laut didorong menuju kepunahan dan habitat laut, diantaranya :

  • Membuang sampah di laut.
  • Pembangunan di kawasan pesisir.
  • Pembuangan limbah dari berbagai aktivitas di darat maupun di laut.
  • Pembuangan bangkai kapal.
  • Penebangan bakau untuk bahan baku kertas.
  • Penangkapan ikan di  daerah  terumbu  karang  dengan  menggunakan bahan beracun dan bahan peledak.
  • Pertambangan pasir dan sedimentasi membawa dampak buruk yang signifikan terhadap ekosistem laut di Indonesia.
  • Pencemaran laut akibat tumpahan minyak dan pembuangan zat-zat yang berbahaya dari
  • kapal-kapal.
Sumber daya alam yang ada di laut sangat penting manfaatnya untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Namun, lemahnya perlindungan pemerintah terhadap laut Indonesia menyebabkan banyak terjadinya kerusakan kekayaan laut Indonesia. Padahal kekayaan laut Indonesia sangat memiliki potensi yang tinggi, baik dari segi perdagangan hasil laut, maupun dari segi pariwisata.


Langkah Strategis Menjaga Ekosistem Laut

Cara tepat melindungi kelestarian sumber daya kelautan secara bertanggung jawab dan berkesinambungan adalah dengan melakukan pemantauan, pengawasan dan pengendalian sumber daya kelautan dan perikanan. Upaya yang dapat dilakukan, sebagai berikut :

  • Menjaga kebersihan laut atau tidak membuang sampah ke laut.
  • Melakukan daur ulang sampah industri sebelum dibuang ke laut atau sungai.
  • Melarang penggunaan pukat harimau.
  • Melarang penggunaan bahan peledak untuk menangkap ikan.
  • Melindungi terumbu karang sebagai tempat perkembangbiakan ikan.
  • Menanam hutan bakau di pesisir pantai untuk mencegah abrasi pantai. Hutan bakau atau mangrove juga digunakan untuk berkembang biak berbagai jenis biota laut.
  • Memberi sanksi yang berat terhadap orang-orang yang menangkap satwa laut yang dilindungi.
  • Berkontribusi nyata dalam upaya penyelamatan laut dengan cara memberikan donasi ke organisasi-organisasi sosial seperti mengakses infomasi melalui link di bawah ini: http://www.supporterwwf.org/program/4/konservasi-alam
Sebuah kewajiban penghuni bumi untuk menjaga tanah yang dipijaknya. Salah satu keindahan yang wajib dijaga adalah keindahan dasar laut yaitu ekosistem di bawah laut. Perlu kita ketahui bahwa  apa yang kita jaga hari ini adalah apa yang akan dinikmati oleh anak cucu kita nantinya. Mari bersama-sama kita cintai dan jaga kelestarian sumber daya alam laut Indonesia dengan penuh tanggung jawab dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup. Termasuk seluruh kehidupan di lautan, memiliki hak dan tempat untuk meneruskan kehidupan mereka.
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar