Rabu, 14 September 2016

Atasi Alergi Kulit dengan Cara Herbal
Kampus Berkualitas23.41 0 komentar





Alergi kulit adalah sensitivitas pada kulit yang disebabkan oleh banyak hal, seperti rasa dingin (suhu), jenis makanan tertentu, kedekatan dengan satu jenis binatang atau bahkan ketika mengonsumsi satu jenis obat tertentu. Sebelum mengobati penyakit ini, maka perlu untuk mengetahui penyebab dan gejala alergi kulit.               

Berikut adalah beberapa faktor penyebab dari alergi kulit yang sering terjadi:

·         Faktor Keturunan (Internal)
Alergi ini paling banyak diwariskan dari orang tua yang memang mempunyai riwayat alergi kulit. Alergi kulit menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Jika sistem kekebalan tubuh berkurang, maka akan lebih mudah untuk diserang alergi.

·         Keadaan di lingkungan luar seseorang (eksternal)
Hal ini bisa berkaitan dengan keadaan air yang dikonsumsi, misalnya kurang higienis atau juga terpapar udara yang memang tidak sehat. Hal ini menjadi lebih mudah seseorang terkena alergi.   
Salah satu alergi yaitu gatal yang dapat mengubah kondisi fisik kulit

   
Gejala alergi dapat terlihat pada perubahan fisik dari kulit tubuh manusia. Seperti terjadinya warna kemerah-merahan, atau adanya ruam dan bengkak. Keadaan tersebut dapat menimbulkan rasa gatal. Rasa gatal ini akan sangat merangsang seseorang untuk menggaruk pada daerah tersebut.
Ketika digaruk dan terjadi luka atau lecet maka dapat memperparah alergi yang terjadi. Pada keadaan yang cukup akut maka akan menyebabkan luka dan pendarahan, bahkan juga dapat menimbulkan nanah. Namun keluarnya nanah ini adalah pada alergi tingkat yang paling akut.       

Penggunaan obat herbal untuk gatal karena alergi kulit dirasa lebih aman daripada penggunaan obat dari senyawa zat kimia. Hal ini dikarenakan banyak penggunaan obat kimia justru menimbulkan efek ketergantungan dan tidak kunjung sembuh jika tidak menggunakan obat yang sama. Obat herbal seringkali menjadi pilihan karena dirasakan lebih mengandung zat yang alami yang memang terbuat dari bahan-bahan tradisional yang jelas terbuat dari bahan-bahan tradisional yang jelas terbuat dari alam.

Berikut adalah beberapa cara herbal untuk mengatasi alergi kulit:
  • Daun sambiloto dan kunyit segar dimemarkan hingga halus. Tambahkan sedikit belerang lalu campuran ini diusapkan di bagian yang terasa gatal akibat alergi kulit.
  • Selain daun sambiloto, daun ketepeng china juga dipercaya dapat menyembuhkan rasa gatal akibat alergi ini. Daun ketepeng china ini juga dihaluskan lalu bisa langsung diusapkan di bagian kulit yang terasa gatal.
  • Daun sirih adalah daun yang sudah dipercaya sekian lama dapat menyembuhkan rasa gatal. Penggunaan yang paling sederhana adalah daun direndam di air hangat beberapa saat lalu air rendaman daun sirih ini digunakan untuk mandi atau membasuh daerah yang terasa gatal. Namun jika masih dirasa kurang ampuh maka daun sirih ini dapat dicampur dengan bangle lalu dihancurkan sampai lembut. Campuran ini kemudian ditambahkan dengan sedikit tetesan minyak kayu putih. Pada cara pengobatan ini akan sedikit memberikan efek samping di kulit dimana kulit  akan terasa panas atau perih akibat dari olesan campuran bahan ini. Namun hal ini wajar sebagai efek dari perawatan gatal yang dilakukan.  

Mengetahui penyebab dan gejala alergi kulit adalah tindakan yang lebih tepat untuk melakukan tindakan pengobatan. Alternatif pengobatan alergi kulit dengan cara hebal lebih meminimalkan efek samping dan ketergantungan daripada obat-obatan kimia. Selamat mencoba.     
Daun sirih merupakan salah satu tanaman herbal untuk atasi alergi kulit
         
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar