Selasa, 30 Agustus 2016

Sering Menyikat Gigi bukan Jaminan Gigi Sehat
Kampus Berkualitas20.27 0 komentar


Memiliki gigi sehat dan putih berkilau merupakan keinginan setiap orang. Gigi yang sehat sering menjadi simbol yang menandakan jika pemiliknya rajin untuk menyikat gigi. Selain itu, dapat menambah rasa kepercayaan diri saat berbicara atau tertawa dengan orang lain. Maka tidak heran jika banyak orang menggunakan berbagai cara untuk dapat memiliki gigi sehat dan putih bersih.

Benarkah dengan sering menggosok gigi dapat memberikan hasil yang maksimal pada gigi. Menurut beberapa para ahli kesehatan gigi, menyebutkan jika terlalu sering menyikat gigi justru akan menjadi penyebab timbulnya kerusakan gigi dan juga gusi. Sehingga para ahli tersebut justru menyarankan untuk menyikat gigi hanya dilakukan 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Yang perlu diperhatikan pula cara menggosok gigi yang benar dan tidak membayakan kesehatan gigi.

Terlalu sering menyikat gigi, Anda akan mengalami pengikisan gigi dan gusi sehingga seringkali berdampak pada gusi berdarah, termasuk juga pada akar gigi. Hal ini tidak hanya dipengaruhi dari seringnya menyikat gigi. Berikut ini adalah dampak dari menyikat gigi terlalu sering bagi kita :
1. Bila di pagi hari harus terburu-buru masuk ke kantor atau melakukan aktifitas lain, terburu-buru dalam melakukan penyikatan hanya akan berdampak pada lecetnya gigi, gusi, dan bagian mulut lainnya.
2. Menyikat gigi terlalu keras dengan arah yang salah akan merusak email dan membuat gusi turun. Sehingga akar gigi terbuka dan akan menimbulkan rasa ngilu.
3. Penyikatan gigi setelah minum kopi ataupun minuman bersoda. Kebiasaan ini hanya akan mempercepat pengikisan gigi.
4. Kebiasaan dalam menyikat gigi 20 menit setelah mengkonsumsi makanan akan mengalami penurunan kualitas lapisan gigi tentunya. Yang baik dilakukan untuk menyikat gigi adalah 60 menit setelah makan malam.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut memanglah penting, terutama bagi Anda yang memiliki aktivitas terlalu padat. Hal yang perlu diperhatikan adalahmemilih sikat gigi yang halus agar tidak mengikis email gigi dan memilih pasta gigi yang mengandung flour sehingga memberikan proteksi terhadap penyakit karies gigi.
In Category : , ,
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar