Selasa, 30 Agustus 2016

Makanan Sehat untuk Gigi dan Gusi
Kampus Berkualitas20.31 0 komentar


Kesehatan gigi dan gusi tergantung dari bagaimana kita merawat gigi. Baik dengan menggosok gigi secara rutin, atau melakukan pemeriksaan gigi rutin ke dokter gigi. Namun disamping itu semua, faktor makanan juga ikut mempengaruhi kesehatan gigi dan gusi Anda.

Makanan yang kita makan memberikan efek secara langsung kepada kesehatan gigi dan gusi. Karena bakteri yang ada di dalam mulut akan bereaksi terhadap makanan yang kita kunyah. Jika makanan yang dimakan banyak mengandung gula, maka bakteri akan bereaksi menghasilkan asam, sedangkan asam tersebut dapat mengikis enamel gigi.

Beberapa makanan tidak bereaksi sama sekali terhadap bakteri di dalam mulut, sehingga risiko gigi rusak dapat diminimalisir. Oleh karena itu mulai sekarang pilihlah makanan yang sehat bagi gigi dan gusi Anda. Berikut ini kami uraikan beberapa makanan yang dapat menyehatkan gigi dan gusi Anda.

1. Susu dan produk olahannya
Makanan yang berupa susu dan produk olahnnya yaitu susu, yoghurt, dan keju. Ketiga pilihan makanan ini mengandung fosfor dan kalsium yang tinggi. Sehingga saat masuk ke dalam mulut, kandungannya akan melapisi email gigi dan meremineralisasi gigi.
2. Buah dan Sayuran

Apel merupakan buah yang memberikan
efek positif bagi kesehatan gigi dan gusi
Kedua macam makanan ini rupanya memberikan efek positif bagi kesehatan gigi dan gusi. Buah dan sayuran memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga air tersebut dapat melemahkan efek gula di dalam mulut. Beberapa buah yang baik antara lain apel, stroberi, dan pear. Sedangkan sayur yang baik adalah brokoli, wortel, ubi jalar, labu, dan seledri.
3. Minuman
Meminum air putih atau teh dapat meningkatkan kesehatan gigi dan gusi. Terutama teh, kandungan dalam teh yang berupa antioksidan dapat menghilangkan plak pada gigi dan dapat melindungi gigi dan gusi dari penyakit. Biasakanlah meminum teh tawar agar kesehatan gigi Anda terjaga.
4. Daging dan kacang-kacangan
Kedua makanan tersebut serupa dengan susu yang dapat memproduksi enamel gigi dari dalam, sehingga kekuatan gigi dan kesehatan gusi dapat bertahan.
5. Bawang putih
Bawang putih memiliki zat antibiotik yang baik bagi manusia. Terdapat senyawa sulfur anti bakteri di dalam bawang putih yang dapat membunuh segala jenis bakteri. Jika Anda mengonsumsi bawang putih segar dan mentah, maka kesehatan gigi dan gusi Anda akan terjaga.

Berbagai macam makanan yang dapat merusak gigi dan gusi banyak Anda temui. Terutama makanan atau minuman manis yang mengandung gula. Jauhilah makanan manis yang berlebihan. Selain itu hindari juga minuman yang bersoda, agar gigi dan gusi Anda tetap sehat.
In Category : , , ,
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar