Senin, 15 Agustus 2016

Nutrisi Seimbang Otak Kanan dan Otak Kiri
Kampus Berkualitas00.37 0 komentar

Merupakan fakta ilmiah bahwa otak memiliki 30 miliar neuron yang bekerja melebihi kemampuan komputer paling canggih di dunia. Dengan berat hanya ± 1,5 kg, ternyata otak mempunyai kapasitas memori yang super besar yaitu mencapai 30-70 trilliun giga. Kapasitas yang sangat memungkinkan bagi manusia untuk memasukkan segala informasi yang terekam oleh indra.

Semuanya ditransfer dengan kecepatan hanya seperseribu detik. Kelebihan otak manusia yang dahsyat ini lebih dari cukup untuk menjadi wadah pengolahan informasi yang kemudian disebut sebagai proses berpikir. Inilah keajaiban sesungguhnya dari otak manusia.


Otak Kiri : Logic
Angka
Tulisan
Hal Perbedaan
Hitungan
Urutan
Bahasa
Logika

Otak Kanan: Creative
Hal Kreativitas
Khayalan
Persamaan
Musik
Bentuk & Ruang
Emosi
Warna


Otak kiri memiliki fungsi sebagai pengendali Intelligence Quotient alias IQ. Orang yang lebih dominan menggunakan otak kiri lebih memilih alasan untuk segala sesuatu yang lain. Mereka menggunakan logika rasional untuk mengidentifikasi penyebab masalah, dan kemudian berpikir tentang bagaimana cara mengatasinya. Pada intinya, orang yang berfikir menggunakan otak kiri adalah detail-oriented.

Gangguan dalam hal fungsi berbahasa, matematika dan berbicara dapat terjadi apabila terjadi kerusakan pada otak kiri. Daya ingat otak kiri bersifat jangka pendek.

Sedangkan otak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient atau EQ. Orang yang lebih dominan menggunakan otak kanan cenderung menggunakan kreativitas untuk memecahkan suatu masalah.Mereka lebih banyak mengandalkan intuisi dan lebih cepat menangkap gambaran keseluruhan situasi. Pada intinya, orang yang banyak menggunakan otak kanan kurang detail oriented.

Daya ingat otak kanan bersifat panjang. Fungsi otak yang terganggu apabila terjadi kerusakan pada belahan otak ini adalah kemampuan visual dan emosi.




Nutrisi (gizi) seimbang untuk otak
Kinerja otak yang maksimal ditentukan oleh masa pertumbuhan seseorang yang dimulai sejak kecil, terutama pada umur 0 - 6 tahun. Karena di umur tersebut, seseorang memasuki masa-masa keemasannya dalam belajar dan menyerap informasi. Pada masa keemasan ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memaksimalkan pertumbuhan otak, yaitu :
    Oksigen
    Nutrisi
    Informasi
    Kasih sayang

Otak membutuhkan oksigen sebanyak 20% dari total kebutuhan oksigen dalam tubuh, oleh karena itu asupan oksigen dari udara memiliki peran penting dalam tumbuh kembang otak. Selain oksigen, otak juga memerlukan nutrisi yang seimbang. Berikut ini gambar keseimbangan nutrisi bagi otak :

Agar otak dapat berkembang maksimal, maka perlu adanya rangsangan dari luar. Rangsangan yang paling tepat ialah memberikan banyak informasi dan pengetahuan khususnya pada anak. Pemberian informasi dapat menggunakan media cetak, elektronik, permainan, dan keterampilan yang mengasah kreativitas.

Dari ketiga hal tersebut, yang memegang peran paling penting dalam perkembangan otak adalah pemberian kasih sayang yang cukup dari orang tua kepada anak. Kasih sayang dari orang tua kepada anak dapat berupa sentuhan, belaian, usapan, ciuman, tepukan, pujian, support dan perhatian.

Gambar: Orang yang memiliki keseimbangan antara otak kiri dan kanan, termasuk orang yang cerdas sekaligus pandai dalam bergaul atau bersosialisasi


Kiat menjaga nutrisi otak
1. Jangan sampai anda tidak sarapan pagi, karena sarapan di pagi hari dengan makan nasi (karbohidrat) membuat tubuh anda mendapat asupan glukosa yang cukup dan masuk melalui darah dialirkan ke otak anda sehingga otak dapat bekerja dengan baik.
2. Jangan makan berlebihan. Makanan yang berlebihan terutama karbohidrat di waktu malam hari, akan membuat glukosa berubah menjadi lemak yang akan membebani pembuluh darah sehingga otak kurang mendapatkan glukosa dan oksigen.
3. Jangan tidur berlebihan. Bila tidur berlebihan dengan masa tidur yang panjang dapat menyebabkan sel-sel otak menjadi mati karena otak lebih banyak menerima karbondioksida yang akan merusak otak.
4. Jangan membiarkan otak bekerja pada saat anda sakit. Pada saat anda sakit, otak secara otomatis memerintahkan tubuh anda untuk istirahat. Dengan memaksakan diri untuk otak bekerja, maka otak akan bekerja melebihi kapasitasnya sehingga dapat mengakibatkan pecahnya pembuluh darah otak.
5. Jangan membiarkan anda tidak berpikir. Bila anda jarang / tidak berpikir berarti anda jarang menggunakan otak anda sehingga akan melemahkan kemampuan otak karena otak tidak berkembang, tidak bekerja secara optimal dan dapat menyebabkan kebodohan.
6. Jangan merokok. Menurut penelitian menyatakan bahwa asapnya akan masuk terserap ke sel-sel otak sehingga menjadi salah satu penyebab penyakit Alzheimer.

Otak merupakan organ tubuh yang amat rumit, otak ibarat “ruang pengendali” di Pentagon yang mengatur, menggerakkan, dan mengendalikan hidup seorang individu. Ia mengendalikan anekaragam tindakan dan aktivitas kita. Maka perlunya kita menjaga dan memberikan makanan atau menu pokok yang ia butuhkan dalam kadar yang cukup bagi diri Anda dan seluruh anggota keluarga.


Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar