Senin, 15 Agustus 2016

6 Makanan Penurun Kolesterol Tubuh
Kampus Berkualitas00.36 0 komentar

Kolesterol merupakan lemak yang ada di dalam tubuh dan memiliki fungsi yang baik bagi tubuh. Kolesterol mengalir bersama darah dan membantu proses pembentukan hormon dalam tubuh. Meskipun kolesterol bermanfaat bagi tubuh, tapi jika jumlahnya terlalu banyak maka akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, dan hipertensi. Jumlah normal kolesterol dalam tubuh ialah di bawah 100 mg/dl,  jika jumlahnya mencapai 160 mg/dl maka harus secepatnya mendapat perhatian dan pertolongan dokter.

Kolesterol dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :
1  LDL (Low-density lipoprotein)
LDL adalah kolesterol buruk. LDL yang terlalu banyak dalam darah dapat menyumbat arteri, meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.
2  HDL (High-density lipoprotein)
HDL adalah kolesterol baik yang membantu menjaga LDL menyumbat dinding arteri. Tingkat HDL yang sehat dapat melindungi terhadap serangan jantung dan stroke. Jika HDL rendah (kurang dari 40 mg/dl untuk pria dan kurang dari 50 mg/ dl untuk wanita) dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Melihat risiko yang dapat ditimbulkan oleh kolesterol LDL berlebihan, maka sudah kewajiban kita untuk menjaga kolesterol tubuh tetap terjaga. Salah satu cara yang ampuh untuk menjaga kolesterol tubuh ialah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan rendah lemak.
Makanan yang mampu menurunkan kolesterol tubuh ialah :

1. Bawang putih
Bawang putih dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Bawang putih memiliki kandungan allicin dan aliin yang sifatnya anti kolesterol, sehingga dampaknya dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh.


2. Ikan Salmon
Ikan salmon terkenal dengan kandungan omega-3 nya. Omega-3 merupakan asam lemak yang mampu meningkatkan kadar


3. Teh Hijau
Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan teh hijau dapat meningkatkan produksi kolesterol baik untuk mengurangi kadar kolesterol jahat.

 4. Yoghurt dengan probiotik
Yoghurt menjadi salah satu pilihan tepat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Karena yoghurt dapat membantu mencegah penyerapan kolesterol jahat ke dalam darah, sehingga risiko penyempitan pembuluh darah dapat dicegah.
 
5. Buah dan Sayuran
Buah dan Sayuran terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Buah-buahan tersebut mengandung antioksidan yang dapat mengurangi kolesterol dan meningkatkan produksi kolesterol baik. Buah yang terkenal dengan khasiat menurunkan kolesterol ialah jeruk nipis, apel, jambu biji, mangga, delima, alpukat, anggur, blueberry, tomat, dan pear. Sedangkan sayuran menghambat produksi kolesterol LDL dalam tubuh. Sayur yang dapat menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan produksi HDL ialah Bayam, kedelai/olahan kedelai, kacang-kacangan, dan wortel.
In Category : , , ,
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar