Senin, 15 Agustus 2016

Kebiasaan Baik yang Berakibat Buruk


Tidak semua kebiasaan yang baik itu memiliki efek baik bagi kesehatan tubuh. Karena menurut para ahli kesehatan, adapula kebiasaan baik yang berakibat buruk bagi kesehatan yang kurang kita perhatikan bagi kesehatan. Mungkin banyak orang sudah mengetahui kalau makanan junkfood, merokok, minum alkohol berlebihan merupakan kebiasaan buruk yang berakibat buruk pula bagi kesehatan. Namun, berikut beberapa kebiasaan baik yang juga berakibat buruk bagi tubuh.

Setiap hari mandi dengan air panas
Mandi dengan air hangat memang sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun, jika hal itu dilakukan setiap hari saat anda mandi dan dikombinasikan dengan sabun berbahan keras. Maka itu akan menjadi kebiasaan buruk bagi anda karena kandungan minyak yang ada di kulit akan berkurang dan berakibat kulit kering dan pecah-pecah bahkan mudah terkena infeksi.

Bilasan mulut setelah sakit gigi
Hampir semua orang membilas atau berkumur setelah menyikat gigi. Kebiasaan ini sering dihiraukan oleh kebanyakan orang karena tidak dianggap berbahaya. Tapi Dr Phil London Stemmer, seorang dokter gigi dari Fresh Breath Center di London mengklaim bahwa membilas mulut setelah sikat gigi dapat menyapu lapisan pelindung flouride yang ditinggalkan oleh pasta gigi. Disarankan untuk tidak menyikat gigi setengah jam setelah makan.

Menggunakan toilet duduk
Studi yang dipublikasikan oleh para ilmuwan Israel dalam jurnal Pencernaan Penyakit dan Ilmu Pengetahuan menunjukkan bahwa toilet modern (toilet duduk) buruk bagi kesehatan. lebih baik karena posisi toilet jongkok lebih alami dan membutuhkan lebih sedikit ketegangan pada otot. Hal ini pada akhirnya dapat mengurangi resiko gangguan pencernaan seperti wasir dan penyakit diverticular.

Mengonsumsi suplemen nutrisi
Profesor dari Georgia State University Christine Rosenblom mengatakan kebanyakan orang mengkonsumsi beberapa suplemen sekaligus tanpa tahu dengan benar fungsinya. Padahal, suplemen memiliki efek samping yang cukup serius jika dikonsumsi berlebihan. Beberapa efek berbahaya yang tumbuh adalah vitamin A yang bisa mengganggu pertumbuhan janin, vitamin C yang mengakibatkan gangguan pencernaan, dan vitamin B6 yang dapat merusak syaraf.

Istirahat setelah makan malam
Istirahat setelah aktivitas sehari diperlukan oleh tubuh untuk relaksasi, tetapi jika hal itu dilakukan setelah makan malam, maka bisa berakibat buruk bagi tubuh. Selain itu, makan sebelum tidur juga dapat menyebabkan refluks esofagus atau esophageal reflux, kembalinya makanan dari lambung ke kerongkongan (tabung yang membawa makanan dari mulut ke perut). Jika kamu langsung tidur setelah makan juga dapat menyebabkan tidur menjadi tidak nyenyak sehingga membuat Anda merasa tidak segar ketika bangun di pagi hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar