Rabu, 20 Agustus 2014

Be Healthy | Pedoman Sehat dalam Tumpeng Gizi Seimbang

Kesehatan merupakan hal terpenting dalam hidup manusia. namun, tidak banyak orang yang sadar, peduli, dan benar dalam menerapkan gaya hidup yang sehat. Terkadang orang ingin memperoleh tubuh yang sehat dengan memakan semua makananbergizi dan berolahraga berlebihan. padahal kunci untuk memperoleh tubuh yang sehat ialah gizi seimbang dan olahraga teratur.

WHO (World Health Organisation) mengartikan sehat sebagai suatu keadaan yang sempurna baik fisik, mental dan sosial tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan. sedangkan para pakar gizi yang bergabung dalam Yayasan Institut Danone Indonesia (DII) bersama para penulis dari Tabloid Nakita (Kompas-Gramedia) memvisualisasikan gizi seimbang (TGS). Dalam TGS tersebut dirinci porsi makanan serta gaya hidup sehat yang perlu diikuti oleh masyarakat Indonesia.

Dalam Tumpeng Gizi Seimbang, terdapat beberapa tingkatan asupan kebutuhan gizi yang seimbang untuk tubuh.

  1. 8 gelas air merupakan bagian terbesar dan zat gizi esensial bagi kehidupan untuk hidup sehat dan aktif. dalam sehari, kebutuhan air putih untuk tubuh minimal 2 liter.
  2. Sumber karbohidrat dianjurkan untuk dikonsumsi sebanyak 3-8 porsi.
  3. Sayur dan buah-buahan. keduanya merupakan sumber serat, vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.
  4. Selanjutnya ditempati oleh asupan protein nabati dan hewani yang mendukung pertumbuhan tubuh.terdapat dua macam protein, yaitu yang berasal dari kacang-kacangan dan hasil olahan lainnya seperti tahu, tempe, dll.
  5. Terakhir, berisi bahan makanan yang prosinya lebih kecil daripada lainnya, yaitu berupa minyak, gula, dan garam. ketiga bahan makanan ini sebaiknya dikonsumsi secukupnya dan tidak berlebihan.

Yang perlu diperhatikan juga dari porsi maknan dalam TGS  ialah nampan (alas) tumpeng yang mewakili prinsip gizi seimbang lainnya. hal tersebut berarti bahwa semua gizi seimbang harus diimbangi oleh pola hidup yang aktif dan bersih. karena akan percuma jika kita mengonsumsi banyak makanan bergizi, namun menumpuk menjadi lemak dalam tubuh jika tidak digunakan untuk beraktivitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar