Rabu, 20 Agustus 2014

Kipas Angin Tanpa Baling-Baling


Pernahkah anda melihat kipas angin tanpa menggunakan baling-baling? Jika anda belum pernah melihatnya, sepertinya informasi ini akan membuka wawasan anda. Namun jika anda sudah pernah melihatnya, anda mungkin penasaran dengan cara kerjanya.



Terbayangkah dalam angan anda bagaimana alat ini dapat menghembuskan udara tanpa adanya baling-baling sebagai pendorong udara? Karya penemu asal Inggris, James Dyson, memang harus diacungi jempol, pasalnya kipas angin buatannya tak perlu baling-baling. Anda tidak perlu lagi repot-repot membersihkan baling-baling. Anda juga tak usah khawatir kepada anak yang selalu ingin memasukkan jarinya ke dalam baling-baling.

Cara kerja alat ini ialah menggunakan prinsip kerja tekanan udara layaknya mesin jet. Udara dari belakang blade (besi pipih melingkar) ditarik ke dalam dan dihembuskan ke depan, begitulah cara kerjanya. Lumayan sederhana, namun penelitian ini rupanya memakan waktu empat tahun. James Dyson mengaku bahwa bagian tersulit dalam penelitian ini ialah bagaimana mengarahkan hembusan udara agar dapat fokus ke depan dan tidak melebar. Saksikan videonya.


James mengklaim bahwa penemuannya ini merupakan hal yang luar biasa. Karena kipas angin karyanya yang sangat simple itu menggunakan teknologi air mutlipier yang dapat menghembuskan aliran udara lembut sebanyak 119 galon tiap detiknya. Sebuah teknologi mesin jet yang diadaptasi menjadi teknologi kipas angin mutakhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar