Kamis, 15 September 2016

Situ Patenggang Panorama Alam Eksotik di Jawa Barat
Kampus Berkualitas19.09 0 komentar

Situ Patenggang atau yang sering disebut juga dengan Situ Patengan merupakan sebuah danau cantik yang terletak di daerah Ciwidey, Jawa Barat. Kawasan ini berjarak sekitar 47 km dari kota Bandung. Danau alam yang menyuguhkan pemandangan indah ini dikelilingi oleh hutan alam dan perkebunan teh hijau. Panorama alam eksotik ini tersajikan laksana sebuah karpet alam yang terbentang sangat indah dengan semilir udara sejuk khas pegunungan beserta hangatnya matahari yang menyentuh kulit. Danau ini terletak pada ketinggian lebih dari 1.600 meter di atas permukaan laut. Pada awalnya, danau ini adalah sebuah kawasan cagar alam, namun sejak tahun 1981 danau seluas 45.000 hektar ini resmi dibuka menjadi sebuah taman wisata alam. Jika Anda ingin berkunjung ke danau ini, danau ini buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB- 18.00 WIB.

Kegiatan yang dapat dilakukan 

Ada banyak kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan di Situ Patenggang. Mulai dari bersepeda air, mengelilingi danau, memancing, berjalan keliling kebun teh, atau sekedar berpiknik di pinggiran danau. Inilah yang menjadi sebab mengapa objek wisata Ciwidey yang satu ini sangat disukai sebagai salah satu destinasi wisata keluarga favorit di Bandung. Anda dapat berkeliling danau dengan menyewa  perahu angsa, perahu boat, perahu dayung, atau sepeda air.
Masing-masing kendaraan air ini ditawarkan dengan harga sewa yang dapat Anda negosiasikan dengan pihak penyedia.


Harga tersebut dapat berubah tergantung waktu kunjungan pada akhir pekan atau hari biasa. Tawar-menawar untuk menyewa perahu biasa dilakukan pengunjung agar mendapatkan harga yang tidak terlalu mahal.

Tersedia berbagai macam perahu untuk menemani wisatawan mengelilingi Danau Situ Patenggang.

Asal mula Danau Situ Patenggang

Salah satu hal yang menarik dan menjadi favorit dari Danau Situ Patenggang ini adalah mengunjungi Batu Cinta dan mengelilingi Pulau Sasaka. Pulau Sasaka dan Batu Cinta ini konon merupakan tempat pertemuan sepasang kekasih yaitu Ki Santang dan Dewi Rengganis yang sudah lama terpisah. Hal ini berkaitan dengan mitos dari Situ Patenggang zaman dahulu.

Nama Situ Patenggang sendiri berasal dari bahasa Sunda yaitu “Situ” yang berarti danau dan “Pateangan-teangan” yang berarti saling mencari. Mitos Situ Patenggang menceritakan tentang cinta Ki Santang dan Dewi Rengganis yang terpisah sangat lama, karena cinta mereka yang sangat dalam, mereka berdua saling mencari sampai pada akhirnya bertemu di suatu tempat yang sekarang disebut sebagai “Batu Cinta”. Setelah bertemu kembali, Dewi Rengganis meminta dibuatkan danau dan perahu supaya mereka dapat berlayar bersama.

Saat ini, perahu tersebut dianggap telah berubah menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati bernama Pulau Asmara atau yang sering disebut Pulau Sasaka. Pulau ini terletak di bagian tengah danau dan terlihat rindang dengan ditumbuhi banyak pepohonan. Sementara itu, Batu Cinta terdapat di sisi seberang danau. Ada banyak perahu yang disediakan untuk pengunjung setiap harinya. Kondisi perahu cukup terawat dan aman digunakan saat mengelilingi Danau Situ Patenggang.

Sarana yang tersedia di Situ Patenggang

Banyak keluarga atau rombongan yang menghabiskan waktu rekreasinya di kawasan wisata Situ Patenggang ini dengan cara berpiknik di tepian danau. Anda juga dapat memanfaatkan fasilitas gazebo atau sejumlah tempat duduk dari semen yang tersedia di sana. Menyewa tikar adalah cara yang paling sering dilakukan wisatawan untuk bersantai bersama dengan kerabatnya. Jika Anda ingin mandi air panas, Anda juga dapat pergi ke kolam air panas Ciwidey yang lokasinya tak jauh dari Danau Situ Patenggang ini. Salah satu pemandian air panas yang populer adalah Walini Ciwidey.

Danau Situ Patenggang yang terlihat eksotis karena dikelilingi oleh hutan alam dan perkebunan teh hijau

Penginapan di area Situ Patenggang dan  toko Souvenir

Ada banyak penginapan di kawasan wisata Ciwidey mulai dari hotel, resort, hingga aneka guest house dan villa. Anda juga dapat menghubungi pengelola di sana atau mencari hotel di Situ Patenggang secara online. Selain penginapan, disana juga terdapat toko souvenir yang menyediakan beragam pernak-pernik cantik yang dapat Anda jadikan sebagai cinderamata khas Situ Patenggang.

Penginapan di sekitar Danau Situ Patenggang 

Rute Perjalanan ke Danau Situ Patenggang

Perjalanan ke lokasi wisata Situ Patenggang di Ciwidey Bandung tergolong mudah. Kondisi jalanan begitu baik dengan aspal yang permukaannya rata.

  • Jalur Kendaraan Pribadi dari Jakarta: Tol Kopo – Soreang – Ciwidey – Situ Patenggang


  • Jalur Transportasi Umum dari Bandung: Terminal Ciwidey – Situ Patenggang

Pemandangan menarik saat diperjalanan

Dalam perjalanan menuju Situ Patenggang, nuansa hijau alami akan menjadi pemandangan yang menyejukkan mata. Pohon-pohon rindang dan hamparan kebun teh dengan daunnya yang rapat membuat warna hijau menjadi semakin dominan di sepanjang jalan menuju danau. Selain itu, terdapat pula perkebunan stroberi yang ada di sepanjang perjalanan. Anda dapat singgah ke sana karena terbuka untuk umum dan dapat memetik buah stroberi langsung dari pohonnya.

Sebuah danau yang eksotis dan menarik untuk dikunjungi tersimpan di daerah Bandung Selatan. Temukan berbagai cerita menarik dan pengamalan destinasi setelah mengunjungi danau Situ Patenggang. Keindahan dan kesejukan alamnya membuat Anda refresh dan semangat berutinitas kembali.



Kolam air panas Ciwidey yang lokasinya tak jauh dari Danau Situ Patenggang.


In Category : , ,
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar