Senin, 05 September 2016

Perbaiki Posisi Tidur Anda
Kampus Berkualitas20.37 0 komentar

 
Manusia membutuhkan tidur dan istirahat untuk memulihkan energi dan otak setelah seharian beraktivitas. Kualitas tidur sangat mempengaruhi kesehatan bagi seseorang, sehingga berbagai faktor yang mempengaruhi kualitas tidur perlu diperhatikan, seperti posisi tidur.

Terlepas dari jumlah dan waktu tidur, posisi tidur juga mempengaruhi kualitas tidur itu sendiri. Setiap orang memiliki posisi tidur yang beragam, dan tidak sedikit yang belum sadar bahwa posisi tidur yang dipakainya selama ini tidak baik untuk kesehatan. Posisi tidur yang salah akan menimbulkan gejala sakit leher, kepala, pegal-pegal, hingga masalah perut. Jika Anda merasa ada yang salah dengan kesehatan tubuh, bisa jadi hal tersebut merupakan akibat dari posisi tidur yang tidak benar. Mulai sekarang perbaiki posisi tidur Anda.

Tidur Telentang
Posisi tidur telentang merupakan posisi tidur yang alami bagi tubuh manusia. Tidur telentang akan membuat posisi kepala, leher, dan tulang belakang berada dalam posisi yang alami dan seimbang. Tulang belakang berada dalam posisi lurus, dan organ tubuh dalam berada di posisi aslinya.

Tidur telentang juga memberikan manfaat kecantikan terutama bagi wanita. Dengan posisi telentang, otot wajah tidak dalam posisi yang kendur, sehingga akan mengurangi jumlah keriput di wajah.

Posisi sempurna tidur telentang juga harus didukung oleh kedudukan kasur bagi tubuh, dan tinggi bantal yang digunakan.
Gunakan kasur yang empuk dan datar, jangan gunakan bantal yang terlalu tinggi karena akan mengganggu saluran pernafasan.
Meskipun baik untuk kesehatan, posisi telentang tidak cocok bagi orang yang mendengkur saat tidur.

Tidur Menyamping
Tidur dalam posisi miring, terutama miring ke kanan, memberikan efek yang baik bagi tubuh daripada posisi lainnya. Dengan tidur menghadap ke kanan tulang belakang akan merenggang dan bertumbuh lebih panjang. Selain itu juga dapat mengatasi sakit perut yang disebabkan asam lambung, dan mengurangi dengkuran.

Perlu diperhatikan, pada saat tidur dengan posisi miring, gunakanlah bantal yang dapat memosisikan kepala sejajar dan netral.
Agar tidak menimbulkan masalah leher dan kepala. Hindarilah posisi tidur miring ke kiri atau miring dengan kaki ditekuk ke dada (meringkuk), karena akan membuat kinerja paru-paru dan jantung semakin berat karena
menahan berat tubuh.

Tidur Tengkurap
Posisi tidur tengkurap merupakan posisi yang paling tidak baik untuk kesehatan. Posisi ini akan menekan persendian dan perut, sehingga dapat menimbulkan iritasi syaraf, nyeri dan pegal di punggung, leher dan persendian, serta menimbulkan kesemutan. Meskipun posisi tidur ini dapat mengurangi dengkuran, tetapi sangat tidak dianjurkan bagi kesehatan tubuh Anda.



Tidur Nyenyak dan Sehat
  • Gunakan kasur yang datar dan empuk
  • Pakailah bantal yang empuk, dan tidak terlalu tebal
  • Gunakan seprei dan sarung bantal yang lembut
  • Memakai pakaian yang nyaman
  • Perhatikan kebersihan diri dan kebersihan     pakaian, kasur, seprei, dan bantal
  • Tidurlah menggunakan cahaya remang/gelap
  • Pastikan tidak ada suara yang akan mengganggu tidur
In Category : , ,
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar