Selasa, 06 September 2016

Pehr Henrik Ling Pelopor Fisioterapi Kombinasi Pemijatan dan Senam
Kampus Berkualitas00.14 0 komentar



Pehr Henrik Ling (15 November 1766 –
3 Mei 1839) adalah seorang dokter berkebangsaan Swedia sekaligus instruktur senam dan pemijatan yang mempelopori pendidikan tentang fisioterapi. Masyarakat mulai mengenal dokter Ling, sejak ditemukannya dokumen asli pertama yang membahas mengenai praktik fisioterapi secara professional. Ling mengembangkan fisioterapi melalui gerakan senam dan pemijatan yang dapat digunakan untuk merawat kecantikan serta pengobatan. Ling juga mendirikan RGCI (Royal Gymnastic Central Institute) pada tahun 1813 di Stockholm. Berkat Ling, pada tahun 1887, bidang fisioterapi mendapat pengakuan secara internasional kemudian disusul oleh Negara lainnya, seperti Perancis, Inggris, Belanda, dan Jerman.

Stockholm Gymnastic Central Institute yang merupakan institusi pendidikan fisioterapi penerus dari Royal Gymnastic Central Institute
Ling lahir di Swedia pada tanggal 15 November 1766 dari pasangan bernama Lars Peter Ling dan Hedvig Maria, yang merupakan cucu dari seorang scientist terkenal di masanya yang bernama Olof Rudbeck. Tak heran jika bakat Ling dalam bidang kedokteran bisa saja dari darah keturunannya tersebut. Pada awalnya, Ling belajar mengenai teologi di Universitas Lund, kemudian menyelesaikan studinya hingga ke luar negeri. Namun, ketika terjadi masa sulit di bidang ekonomi, Ling memutuskan kembali ke Negara asalnya.

Selama di Swedia, Ling melakukan aktivitas rutin sehari-hari, Ia juga menekuni bidang fencing. Ling menyadari bahwa fencing dapat memperbaiki kualitas kesehatannya ketika ia bisa menyembuhkan penyakit rematik di lengannya sendiri. Akhirnya Ling mulai menekuni bidang tersebut dan mencoba mengkolaborasikan dengan bidang lainnya. Tak tanggung-tanggung, Ling mengikuti kelas anatomi dan fisiologi serta mengikuti kurikulum pelatihan sebagai dokter.

Selepas dari masa studinya, Ling membuat inovasi berkaitan dengan pemijatan dipadukan dengan senam dan pengobatan ala Negara Cina. Ling juga mendirikan dan sekaligus menjadi kepala sekolah di RGCI (Royal Gymnastic Central Institute) pada tahun 1813. RGCI merupakan akademi senam pertama di Swedia yang juga mengajarkan mengenai senam dipadukan dengan pemijatan untuk pengobatan, yang menjadi cikal bakal dari fisioterapi. Kecintaan Ling terhadap dunia tersebut dan keinginannya untuk berbagi pengetahuan dengan orang lain menjadikan salah satu alasan Ling untuk mendirikan RCGI.

Selama perjalanan karir Ling dalam mengembangkan metode pemijatan kesehatannya tak selalu berjalan mulus. Metode yang didemonstrasikannya juga mendapat pertentangan dari beberapa pihak pengobatan tradisional yang mengganggap bahwa metodenya tidak memiliki manfaat apapun. Namun melalui kegigihan Ling, metodenya justru mendapat pengakuan secara nasional bahkan internasional sehingga membawanya menjadi salah satu anggota Swedish General Medical Association pada tahun 1831. Lalu pada tahun 1835 tepatnya ketika usia Ling menginjak 69 tahun, Ia akhirnya berkesempatan menjadi anggota Swedish Academy dan dianggap sebagai professor yang kompeten dibidangnya.

Gambaran gerakan senam dari Swedish gymnastics yang disebut dengan "Gerakan Penyembuhan Swedia"
Ling menghabiskan hidupnya dengan mengabdi di sekolah yang telah Ling dirikan, serta terus  mengembangkan metode-metode pemijatan sekaligus senam yang dikombinasikan dengan terapi dan latihan fisik ditambah dengan pengetahuan mengenai anatomi tubuh, fisiologi dan ilmu patologi. Ling merupakan orang pertama yang terkenal dari metode pengetahuan ilmiah modern yang diajarkannya.

Pada tanggal 3 Mei 1839, Ling meninggal dunia di Swedia ketika usianya hampir mencapai 73 tahun.   Metode Ling memberikan pengaruh bagi institusi pendidikan yang berakibat pada dibentuknya institusi pendidikan yang serupa dengan RCIG seperti The Gymnastic Orthopedic Institute dan Stockholm Gymnastic Central Institute. Ling bisa dikatakan sebagai pelopor pengembangan dunia fisioterapi setelah masa Hipocrates dan Galenus. Metode yang diajarkan oleh Ling mempengaruhi penciptaan metode-metode yang berkenaan dengan pemijatan dan senam yang berkaitan dalam dunia medis.
In Category : , ,
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar