Senin, 26 September 2016

Manfaatkan Lahan Sempit untuk Berkebun dengan Urban Farming


Istilah urban farming beberapa tahun terakhir menjadi populer di kalangan pencinta tanaman. Urban farming ialah memanfaatkan lahan yang terbatas untuk berkebun menggunakan sistem hidroponik. Sistem hidroponik sendiri memiliki 6 tipe yang berbeda, salah satunya yang dapat dipraktekkan oleh pemula ialah Wick System.
Tanaman yang bisa Anda coba menggunakan teknik wick system ialah tanaman kategori sayuran seperti sawi, selada, brokoli, dan umbi-umbian seperti wortel, bawang, dan kentang. Wick system merupakan teknik yang paling sederhana dan dapat Anda coba di rumah. Yuk simak caranya berikut ini:
  1. Potong botol bekas air mineral menjadi dua bagian menggunakan gunting atau cutter.
  2. Panaskan paku, lalu buat beberapa lubang berdiameter 1 cm di potongan botol bagian atas maupun bawah untuk aerasi. Namun, jika pemberian nutrisi menggunakan sistem sumbu, biarkan tutup botol tetap di tempatnya, kemudian buat lubang tepat di tengah-tengah tutup botol untuk memasukkan sumbu flanel.
  3. Jika pemberian nutrisi menggunakan sistem apung, buka tutup botol sehingga akar menembus media tanam lalu berkembang di permukaan larutan nutrisi. Larutan nutrisi dapat Anda beli di toko bibit tanaman atau bisa Anda buat sendiri dengan mencampurkan beberapa pupuk dengan air.
  4. Masukkan potongan botol bagian atas ke potongan botol bagian bawah yang sudah diisi larutan nutrisi.
  5. Masukkan media tanam ke dalam potongan botol bagian atas.
Kini dengan sistem hidroponik, keterbatasan lahan untuk berkebun tidak menjadi kendala lagi.
Setiap orang bisa membudidayakan tanaman dan menikmati hasilnya. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar