Senin, 05 September 2016

Makan Banyak Tanpa Khawatir Gemuk
Kampus Berkualitas00.05 0 komentar


Masalah obesitas menjadi hal yang selalu dihindari oleh setiap orang, namun kesulitan mengendalikan rasa lapar membuat usaha diet menjadi lebih sulit. Bahkan rasa lapar membuat orang selalu menunda-nunda diet, akibatnya berat badan semakin naik tanpa disadari.

Rasa lapar menjadi masalah utama bagi seorang yang sedang melakukan diet makanan, namun hal tersebut tak perlu menjadi kekhawatiran lagi, karena beberapa makanan berikut ini dapat dikonsumsi dengan banyak, mengandung banyak vitamin dan protein, serta memberikan efek kenyang yang lebih lama :

Kentang | 160 Kalori
Dalam sebuah studi, dari 38 jenis makanan (termasuk beras merah dan roti gandum) kentang berada di posisi pertama yang memberikan efek kenyang lebih lama. Peserta yang di tes mengaku baru makan lagi dua jam setelah makan kentang.
Dalam studi tersebut juga ditemukan bahwa kentang mengandung vitamin, serat, dan nutrisi yang banyak selain kandungan karbohidrat yang tinggi. Bagusnya, kandungan gizi kentang tidak akan banyak berkurang meskipun diolah dengan cara direbus, digoreng atau dipanggang. Uniknya, kentang akan memberikan rasa kenyang lebih cepat dan lama jika dimakan dengan kulitnya.

Telur | 77 Kalori
Telur mengandung banyak protein yang baik untuk tubuh. Telur merupakan menu pilihan yang tepat untuk sarapan. Karena kandungan 9 asam amino esensial dalam telur dapat memicu pelepasan hormon-hormon dalam usus yang menekan rasa lapar. Temuan ini diungkapkan oleh Joy Dubost, jubir Academy of Nutrition and Dietetics.
Telur akan lebih memberikan rasa kenyang jika dikonsumsi dengan kuning telurnya. Karena protein dalam telur terletak di kuning telur. Menu sarapan telur akan lebih lengkap jika dikonsumsi dengan sayuran, untuk meningkatkan volume dan kandungan seratnya.

Sup Kacang Merah | 150 Kalori
Makanan sup menjadi pilihan lain yang baik untuk menjaga berat badan tubuh. Sup merupakan makanan yang mengandung banyak air dan akan memenuhi perut Anda, sehingga akan memberikan efek kenyang lebih cepat. Penggunaan kacang merah sebagai sup akan menambah zat gizi dan serat dalam sup tersebut, mengandung sedikit kalori, dan memperlambat pelepasan gula darah sehingga rasa kenyang akan bertahan lebih lama.
 
Buah Ara memiliki kepadatan dan serat yang tinggi
Apel | 72 Kalori
Apel mengandung pektin yang secara alami dapat memperlambat proses pencernaan, sehingga rasa kenyang akan bertahan lebih lama. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang makan sebutir apel setiap harinya dipastikan merasa lebih kenyang dan mengonsumsi lebih sedikit makanan dibanding mereka yang mengonsumsi jus apel atau saus apel. Menurut Susan Roberts, profesor ilmu gizi dari Tufts University, sebutir apel memiliki kalori yang kecil, namun memerlukan waktu yang lama agar tecerna sepenuhnya.

Buah Ara | 37 Kalori
Buah ara memiliki kepadatan dan serat yang tinggi. Setiap satu buah ara ukuran sedang mengandung 1 gram serat yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan serat yang tinggi ini dapat memperlambat pelepasan gula darah dan mencegah peningkatan gula darah akibat makan kue.
Khasiat buah ara dapat dimaksimalkan dengan menambah satu sendok teh keju dan kacang kenari, agar rasa kenyang yang ditimbulkan lebih bertahan lama.

Oatmeal mengandung serat tinggi dapat menyerap lemak dengan efektif
Oatmeal | 145 Kalori
Oatmeal sejak dahulu dikenal sebagai makanan yang menyehatkan bagi orang dengan kolesterol tubuh yang tinggi. Sifat oatmeal hampir sama dengan spons,  tekstur oatmeal yang mengandung serat  tinggi membuatnya dapat menyerap lemak dengan efektif. Kandungan seratnya yang banyak juga dapat memberikan efek kenyang yang lama. Jika oatmeal dikombinasikan dengan air atau susu skim, dan almond, maka akan menambah efek rasa kenyang yang lebih lama. Karena oat membutuhkan waktu yang lebih lama untuk melewati sistem pencernaan.
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar