Rabu, 07 September 2016

Joseph Lister Penemu Antiseptik Bagi Dunia Medis
Kampus Berkualitas01.02 0 komentar


Antiseptik sangat berguna bagi praktik kedokteran. Berkat penemuan antiseptik, berbagai kegiatan medis menjadi sangat terbantu. Seperti dalam proses persalinan, antiseptik membuat alat-alat yang digunakan menjadi steril sehingga kemungkinan terjadinya infeksi menjadi kecil. Selain itu, antiseptik juga dapat melindungi ibu, bayi dan bidan agar terhindar dari bakteri, virus, jamur dan penyakit-penyakit berbahaya lainnya.

Joseph Lister adalah adalah tokoh yang paling berjasa dalam upaya penemuan antiseptik. Dokter jenius ini dilahirkan di Upton, Inggris, pada 1 April 1827. Lister meraih gelar dokternya pada tahun 1852 di Universitas College London. Gagasan penemuan antiseptiknya berawal ketika beliau bertugas di barak tentara sebagai dokter militer. Lister terkejut atas tingginya angka kematian yang dialami para tentara yang terluka akibat infeksi serius.

Lister berpikir keras bagaimana cara menangani masalah infeksi tersebut. Pada suatu hari di tahun 1865, Lister mendengar penemuan Louis Pasteur tentang teori penyakit kuman. Dari sinilah gagasan tentang ramuan pembunuh kuman itu muncul. Jika penyakit atau infeksi itu disebabkan oleh adanya kuman, maka cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya adalah membunuh kuman. Lister kemudian memakai carbolik acid sebagai bahan utama ramuan pembunuh kuman. Inilah awal dimana antiseptik tercipta. Ia menggunakan carbolik acid untuk membersihkan semua peralatan bedahnya beserta semua pakaian-pakaiannya agar benar -benar steril dari kuman. Bahkan, carbolik acid juga disemprotkan ke seluruh penjuru kamar operasi. Hasilnya, angka kematian akibat infeksi pun dapat ditekan dengan signifikan.
Karya tulis Lister pertama mengenai antiseptik diterbitkan pada tahun 1867. Dua tahun kemudian, ia menempati jabatan sebagai Kepala Klinik Bedah di Universitas Edinburgh selama tujuh tahun. Sejak tahun 1875, Lister berkesempatan melakukan tour keliling Jerman guna memberikan ceramah tentang metode antiseptiknya. Nama Lister pun semakin dikenal orang. Pada tahun 1876, Lister kembali diundang untuk mempresentasikan metode antiseptiknya di Amerika Serikat.



Joseph Lister sedang melakukan praktik pembedahan dengan antiseptiknya
Selama 15 tahun terhitung sejak tahun 1877, Lister menjabat sebagai Kepala Bagian Bedah Perguruan Tinggi Kerajaan di Kerajaan Inggris yang berpusat di London. Praktik pembedahan dengan antiseptiknya di London mengundang banyak perhatian khalayak. Penemuan antiseptiknya dianggap sebagai salah satu gebrakan penting dalam sejarah perkembangan ilmu kedokteran. Pada tanggal 10 Februari 1912, Joseph Lister tutup usia di Walmer, Inggris.
In Category : ,
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar