Senin, 19 September 2016

BIOLOGI Spesialis & Karir
Kampus Berkualitas01.32 0 komentar

Perkembangan ilmu biologi kini tumbuh pesat dan keberadaannya mutlak diperlukan dalam perkembangan teknologi sejak berbagai penemuan pada bidang genetika, bioteknologi, mikrobiologi, dan obat-obatan. Apalagi saat ini permasalahan pemanasan global pun juga sudah mulai menyentuh bidang ekologi dan konservasi alam.

Dalam biologi murni, diajarkan lebih mendalam dan detail terkait ilmu biologi. Ilmu Biologi di Perguruan Tinggi memiliki beberapa peminatan studi diantaranya peminatan pada bidang hewan (zoologi), tumbuhan (botani), mikrobiologi, genetika, dan ekologi (lingkungan). Lulusan dari jurusan biologi akan mendapatkan gelar Sarjana Sains (S.Si).

Prospek kerja untuk lulusan S1 biologi murni seperti berikut:

Forensic Analyzer Di Puslabfor (Pusat Laboratorium Forensik) POLRI

Lulusan Biologi Murni dapat bekerja di Badan Kepolisian dalam hal pengungkapan fakta-fakta dan identitas pelaku kejahatan. Selain itu juga dapat mengidentifikasi dan menyelidiki sidik jari, potongan kulit dan gigi dari korban kecelakaan berbasis DNA atau molekular. Ruang lingkup ilmu biologi di Lab. forensik adalah:
Pembunuhan (konsentrasi ilmu anatomi dan ekofisiologi hewan)
Pemerkosaan (konsentrasi ilmu histologi dan anatomi hewan)
Narkoba dan psikotropika (konsentrasi ilmu taksonomi tanaman dan biokimia)
Pemalsuan produk (konsentrasi ilmu mikrobiologi dan biokimia)

Quality Control, Quality Assurance, Research & Development

Lulusan biologi dapat bekerja di Perusahaan Pesitisida (manajemen hama), Manajemen Sumber Daya Hayati yang mencakup sumber daya alam, pengelolaannya, biodiversitasnya, dan konservasi menjadi pokok bahasan utama. Lulusan biologi juga memiliki peran besar di perusahaan obat karena biomedika menjadi spesialisasi keahlian yang dimiliki para lulusan biologi yang banyak membahas mengenai obat-obatan untuk penyakit. Selain itu, lulusan biologi dapat bekerja di perusahaan yang fokus pada tanaman, kedokteran, dan forensik, karena para lulusan biologi juga mempelajari mengenai genetika dan bioteknologi molekuler, DNA, dan RNA.

Peneliti

Lulusan Biologi murni merupakan basic ilmu yang paling dicari oleh badan pemerintah seperti LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan), Badan Lingkungan Hidup (BLH), Perum BULOG, Bea Cukai, Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan dan lain-lain. Lulusan biologi mempunyai banyak peran diantaranya dapat memodifikasi buah-buahan yang disisipi vaksin. Dalam hal ini, peran bidang biologi molekular sangat penting dalam menciptakan tanaman atau hewan yang unggul melalui rekayasa genetika.  

Guru

Lulusan biologi murni juga dapat menjadi seorang guru/dosen. Saat ini telah tersedia sekolah lanjutan untuk pendidikan guru yang memungkinkan fakultas non keguruan menjadi PNS Guru.

Wirausahawan

Berbagai penelitian terkini dalam bidang biologi menunjukkan prospek yang sangat cerah bagi mereka yang berani untuk bekerja keras secara mandiri. Contohnya: usaha makanan dan minuman berbasis bioteknologi, pengolahan lidah buaya, nata de coco,  dan lain-lain.

Perlu diingat, Indonesia adalah salah satu negara megabiodiversity, masih banyak kekayaan alam hayati kita yang belum tereksplorasi secara optimal. Hal ini bisa menjadi kesempatan yang besar bagi lulusan S1 Biologi murni untuk terjun dalam berbagai bidang.

Ruang Lingkup Studi Biologi

Biologi Sel Molekuler
Mempelajari proses yang terjadi pada benda hidup tingkat sel dan sub-seluler
Genetika
Mempelajari substansi gen dan proses-proses pewarisannya untuk menjamin kelangsungan sistem benda hidup
Fisiologi
Mempelajari proses-proses yang terjadi dalam sistem benda hidup
Struktur dan Perkembangan
Mempelajari organisasi tingkat individu dan perubahan ontogenik organisasi
Biosistematika dan Evolusi
Mempelajari keanekaragaman mahluk hidup dan sejarah filogeninya
Ekologi
Mempelajari organisasi interaksi individu dari tingkat populasi, komunitas, ekosistem sampai biosfer. 

In Category : , ,
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar