Rabu, 07 September 2016

Atasi Morning Sickness dengan Obat Herbal dan Alami
Kampus Berkualitas00.24 0 komentar


Kehamilan adalah hal yang sangat diharapkan oleh setiap wanita setelah menikah. Namun, pada trimester pertama biasanya para ibu hamil akan direpotkan dengan ‘morning sickness’ yaitu gejala mual dan muntah yang terjadi pada pagi hingga siang hari. Sebenarnya, morning sickness  adalah hal yang biasa dan akan hilang seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Namun, jika terjadi terus menerus tentu akan menjadi hal yang sangat mengganggu karena muntah-muntah ini juga bisa membuat seorang wanita yang hamil menjadi lemah dan asupan makanan yang dikonsumsi terbuang. Jika ibu hamil kekurangan nutrisi tentu akan menjadi masalah dan dapat membahayakan janin di dalamnya.

Konsumsi obat berbahan kimia untuk menghilangkan rasa mual harus dengan petunjuk dokter atau bidan. Pasalnya tidak semua obat berbahan kimia cocok bagi ibu hamil. Untuk meredakan gejala morning sickness, Anda dapat melakukan pengobatan secara alami dengan bahan-bahan herbal yang aman tanpa efek samping. Lalu, apa saja bahan-bahan herbal yang dapat meredakan gejala morning sickness?  Simak penjelasannya berikut ini.
 

Lemon atau Jeruk Nipis

Buah lemon atau jeruk nipis dapat dapat meredakan gejala morning sickness pada ibu hamil. Pilihlah di antara kedua buah tersebut yang sesuai dengan selera Anda. Cara membuatnya yaitu irislah lemon atau jeruk nipis menjadi bagian yang tipis lalu bakar di atas api yang kecil. Setelah itu jemurlah irisan-irisan lemon atau jeruk nipis tersebut di bawah terik matahari sampai kering.
Setelah lemon atau jeruk nipis sudah kering lanjutkan dengan menumbuknya hingga menjadi bubuk yang halus. Setiap kali Anda merasa mual atau ingin muntah maka campurkan bubuk lemon atau jeruk nipis yang halus tersebut dengan air panas. Anda juga dapat membuat kedua buah tersebut menjadi jus yang menyegarkan . Untuk mendapatkan hasil yang baik, minum segelas jus lemon atau jeruk nipis selagi masih hangat. Selain bisa mengatasi rasa mual jus lemon atau jeruk nipis juga sangat baik untuk bayi yang berada dalam kandungan.

Jahe

Selain menggunakan lemon atau jeruk nipis kering, Anda juga bisa menggunakan jahe. Caranya sangat sederhana yaitu, ambil jahe yang sudah dibersihkan lalu dipotong kecil dan kemudian dikunyah. Atau Anda juga bisa mengonsumsi jahe menjadi minuman yang rasanya akan sedikit lebih nikmat daripada mengunyahnya. Campurkan segelas air hangat dengan jahe. Jahe akan membantu Anda meredakan perut yang bergejolak karena mual dan akan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Pepermin

Jika Anda tidak suka mengonsumsi jahe, maka Anda bisa memakan pepermin sebagai gantinya. Peppermint juga diketahui bisa menjadi obat yang aman dan efektif untuk mengobati gejala mual dan muntah pada orang hamil. Anda bisa memakan permen peppermint, minum teh peppermint, atau menggunakan minyak peppermint.

Teh herbal

Secangkir teh herbal merupakan minuman tradisional yang ampuh untuk menyembuhkan muntah pada ibu hamil. Anda bisa mencari teh herbal dari jahe hingga chamomile. 

Itulah beberapa cara mudah mengatasi morning sickness dengan menggunakan bahan-bahan herbal dan alami yang dapat Anda praktekkan di rumah. Berkonsultasilah kepada dokter Anda, jika gejala mual dan muntah masih berlanjut.  Semoga bermanfaat.
In Category : , ,
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar