Senin, 15 Agustus 2016

Jangan Biarkan Stroke Menyerang Tubuh Anda!
Kampus Berkualitas00.42 0 komentar

Stroke, atau cerebrovascular accident, CVA adalah suatu kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke suatu bagian otak tiba-tiba terganggu. Otak merupakan organ tubuh yang sangat memerlukan pasokan oksigen dan gizi. Berat otak hanya sekitar 1-3% dari total berat tubuh. Namun kebutuhan oksigen otak mencapai 20% dari organ tubuh lainnya.

"Kasus yang terjadi pada stroke ialah terjadinya penyempitan pembuluh darah ke otak, sehingga aliran darah menuju otak terganggu dan terhenti." Stroke menempati urutan kedua sebagai penyakit yang menyebabkan Kematian di Indonesia. Menurut Yayasan Stroke Indonesia (Yastroki) Kematian yang diakibatkan oleh stroke sebanyak 25,9% dan sebanyak 42,9% diakibatkan oleh penyakit jantung. Fakta ini seharusnya membuat kita sadar bahwa stroke merupakan ancaman serius bagi kesehatan masyarakat.

Sepanjang hidupnya, otak terus menerus menerima rangsangan, mengolah dan menyimpan informasi dalam bentuk memori. Aliran darah yang terganggu, menyebabkan jutaan sel saraf tidak mendapat makanan dan oksigen, akibatnya sel-sel saraf otak tersebut mati dan fungsi otak terganggu. Maka organ tubuh yang lain akan mendapat imbasnya, berupa lumpuh sebelah, sulit bicara, sulit berpikir, sakit kepala berat, dan lain-lain. Bahkan bisa koma, tak sadarkan diri selama berbulan-bulan.

Oksigen dibawa oleh darah untuk mencapai otak. Sedangkan darah membutuhkan pembuluh darah (nadi) untuk mencapai otak. Kasus yang terjadi pada stroke ialah terjadinya penyempitan pembuluh darah ke otak, sehingga aliran darah menuju otak terganggu dan terhenti.

Macam-Macam Stroke

Stroke Iskemik
Diakibatkan oleh pembuluh darah yang tersumbat. Stroke Iskemik ada stroke yang paling banyak diderita, yakni 90%.
Stroke Hemoragik
Diakibatkan oleh pembuluh darah otak yang pecah, sehingga aliran darah terhenti, dan darah yang bocor mengenai dan menekan jaringan otak lainnya.

Penyebab Stroke
Dampak Stroke
FAST: Kenali Gejala Awal Stroke
Mencegah Penyakit Stroke
• Olah raga teratur. Olah raga melancarkan aliran darah di dalam tubuh.
• Stop merokok.
• Konsumsi sayur dan buah. Beta karoten dapat mencegah stroke.
• Jaga berat badan. Kegemukan menandakan kolesterol tinggi.
• Konsumsi makanan berpotasium tinggi. Kentang, alpukat, alpukat, kedelai, pisang, salmon dan tomat.
• Hindari makanan berlemak.


In Category : , ,
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar