Kamis, 21 Agustus 2014

Pola Hidup Sehat


Apakah setiap hari anda selalu melakukan pekerjaan yang monoton? Sering duduk dan malas bergerak? Terlalu banyak mengkonsumsi makanan cepat saji? Kurang tidur? Berhati-hatilah dengan kebiasaan yang satu ini, karena jika terlalu lama anda akan menumpuk penyakit dalam tubuh. Jika anda merasa menjalani cara hidup yang tak sehat, maka anda perlu mengikuti tips pola hidup sehat ini.  

1. Tidur yang sehat



Pernahkah anda mengalami rasa sakit saat bangun tidur? Meskipun tidur adalah waktu mengistirahatkan tubuh dan mental, jika dilakukan dengan cara yang tidak benar maka penyakitlah yang anda dapatkan.
Usahakan bersihkan beberapa anggota badan sebelum tidur. Basuhlah kaki, tangan, muka, dan leher sebelum tidur. Jangan lupakan menggosok gigi, karena mulut merupakan jalan masuk termudah bagi penyakit. Setelah membersihkan diri, bersihkan juga tempat tidur anda, pakailah pakaian dan tempat tidur yang bersih dan nyaman.
Cara tidur yang baik ialah dengan miring ke kanan, karena posisi jantung berada di dada agak kiri, sehingga jantung tidak tertindih organ tubuh lainnya. Hal ini membuat kerja jantung memompa oksigen tidak terganggu. Juga perlu anda ketahui bahwa orang yang banyak tidur cenderung beresiko berumur pendek. Maka usahakanlah untuk tidur maksimal atau rata-rata 8 jam setiap hari.

2. Makanan yang sehat


Makanan membawa dampak besar bagi tubuh kita. Makanan yang kita makan haruslah yang bergizi dan seimbang. Bergizi yang baik jika makanan tidak tercampur dengan bahan-bahan yang berdampak buruk bagi tubuh, seperti pengawet, pewarna, penyedap buatan. Pilihlah makanan yang langsung diambil dari alam. Selain makanan, perhatikan juga benda yang ingin anda masukkan kedalam tubuh anda, misalkan asap rokok, jauhilah kebiasaan buruk yang dapat merusak tubuh anda.
Pola konsumsi harus dikendalikan. Jangan lantas bergizi maka anda memakan semua makanan. Makanlah secukupnya, isilah perut dengan 1/3 makanan, dan 2/3nya untuk minuman dan udara. Kendalikanlah nafsu makan anda, jika kenyang maka berhentilah makan. Setelah makan janganlah langsung tidur, duduklah sebentar sampai perut lega. Yang perlu diperhatikan juga ialah jangan memakan makanan panas dan dingin dalam selisih waktu yang dekat.

3. Olah raga rutin


Beberapa orang merasa sulit atau malas meluangkan waktu untuk berolahraga. Padahal olah raga berfungsi untuk merenggangkan otot dan persendian yang kaku, melancarkan peredaran darah, meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan daya ingat, kreatifitas, dan konsentrasi seseorang.
Pilih olah raga yang cocok dengan anda, meskipun catur termasuk cabang olah raga namun pilihlah olah raga yang banyak membuat tubuh anda bergerak. Berlari/jogging, push up, sit up, dan yang paling baik ialah berenang, karena berenang memungkinkan adanya pergerakan di seluruh bagian tubuh. Berolah raga itu baik, namun janganlah berlebihan, sesuaikan dengan ketahanan tubuh anda. Upayakan untuk berolahraga minimal 1 jam setiap hari.

4. Jagalah kebersihan diri dan lingkungan

Tempat kotor merupakan sarang penyakit. Jagalah kebersihan tubuh anda, hindari kebiasaan menunda mandi. Pakailah pakaian yang bersih pula, dan upayakan lingkungan sekitar anda bersih terutama di dalam rumah dan sekitar rumah.
Itulah tadi empat komponen yang harus dipenuhi jika kita ingin memiliki hidup yang sehat. Semoga tips sederhana ini berguna untuk pembaca. Salam sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar