Kamis, 21 Agustus 2014

ALERGI OBAT | Berhati-hatilah Memilih Obat
Kampus Berkualitas23.59 0 komentar


Seperti halnya makanan, obat juga dapat menimbulkan efek alergi bagi penggunanya. Alergi terhadap obat biasanya dapat terjadi pada seseorang yang memiliki respon imun yang tidak normal terhadap obat yang digunakan untuk mengontrol penyakit.

Cara kerja obat ialah merangsang tubuh untuk melepaskan antibodi dan histamin ke dalam tubuh. Namun dalam beberapa kasus, sistem imun seseorang merespon obat terlalu berlebihan, hal ini disebut dengan hypersensitifitas imun terhadap obat/benda asing yang masuk ke dalam tubuh, akibatnya antibodi dan histamin yang dilepaskan terlalu banyak sehingga menimbulkan alergi.

Setiap orang memiliki waktu yang berbeda dalam mengalami alergi obat, dan itu juga tergantung pada jenis obatnya. Ada yang terkena alergi setelah beberapa saat ia meminum obat, dan ada yang membutuhkan waktu lama. Gejala yang biasanya tampak pada penderita alergi ialah :
1.Gejala ringan akan menampakkan bercak/ruam merah di kulit, gatal-gatal, dan demam.
2.Gejala parah akan menimbulkan pembengkakan saluran nafas sehingga penderita kesulitan bernafas, dan yang terburuk ialah jantung berhenti berdenyut, apabila tak cepat ditangani akan menyebabkan kematian.
Jika gejala tersebut terlihat, maka yang perlu dilakukan ialah mengkompresnya dengan air hangat. Gunakanlah obat-obatan penghilang alergi semacam bedak, dan konsultasikan kepada dokter jika parah.

Alergi bukanlah penyakit yang bisa disembuhkan, melainkan hanya dapat dihindari. Alergi bukanlah penyakit,melainkan kelainan dari dalam tubuh si penderita. Maka dari itulah hentikan konsumsi obat yang dapat menimbulkan alergi kepada anda. Karena dalam beberapa kasus tertentu, obat yang menimbulkan alergi dan ketidaknormalan imun akan merangsang munculnya penyakit lupus.




In Category : ,
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar