Kamis, 08 September 2016

Mengenal Khasiat Mujarab Pengobatan China
Kampus Berkualitas19.30 0 komentar






Sebuah pepatah “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China” mungkin bagi saya bukanlah mimpi atau kebetulan. Menjalani hidup sebagai mahasiswa asing Indonesia yang belajar ilmu kedokteran tradisional China sudah saya jalani selama 6 tahun. Tepatnya di sebuah provinsi bernama Yunnan yang terletak di bagian selatan China yang beribu kota di Kunming. Melalui kesempatan ini, saya ingin bercerita singkat mengenai khasiat mujarab “Traditional Chinese Medicine (TCM)”.

Traditional Chinese Medicine adalah sebuah ilmu pengobatan yang berasal dari negeri China untuk menyembuhkan penyakit berdasarkan prinsip keseimbangan (Teori Yin Yang). Pada masa dinasti Qi dan dinasti Han kira-kira sebelum abad 3 masehi, para tabib atau dokter-dokter kerajaan sering menggunakan ramuan herbal dan akupuntur (terapi tusuk jarum) untuk menyembuhkan penyakit. Nah, berawal dari catatan-catatan para tabib inilah TCM berkembang menjadi bagian dari ilmu kedokteran. Saat ini TCM tidak hanya berkembang di Tiongkok saja. Bahkan, sudah berkembang di berbagai negara.
 
Beberapa bahan racikan dari obat ramuan TCM


Terapi TCM
Mungkin beberapa diantara Anda pernah mencoba terapi penyembuhan penyakit dengan akupuntur, bekam, ataupun herbal. Berikut ini hal - hal yang perlu anda ketahui tentang terapi pengobatan penyakit dengan TCM:


·       Natural Recovery
Pada pengobatan TCM, sering digunakan obat-obatan yang berasal dari alam baik tumbuhan, hewan maupun mineral. Herbal-herbal ini dikombinasikan berdasarkan diagnosa pada pasien melalui pemeriksaan nadi, lidah, muka, dll. 

·       Emotional Balance
Dalam ilmu TCM, prinsip terjadinya penyakit disebabkan karena ketidakseimbangan antara Yin dan Yang, sehingga prinsip terapi dengan menyeimbangkan Yin dan Yang pada pasien. Teori Yin dan Yang ini berlaku dalam semua aspek. Misal, ketika seseorang sedang marah, Yang di dalam liver akan bergejolak naik. Hal ini menyebabkan Yang liver meningkat yang sering kita jumpai pada penderita Hipertensi. Oleh sebab itu, pasien hipertensi dan keluarganya kita himbau agar bisa mengontrol emosi dirinya supaya tidak cepat marah.
·         
          Low-Side Effect
Karena bahan-bahan yang digunakan berasal dari alam sehingga efek samping yang terjadi relatif kecil.
 


Relieving Pain “Accupunture"
Akupuntur adalah suatu terapi penyembuhan penyakit menggunakan tusuk jarum untuk menyeimbangkan kondisi Yin Yang dalam tubuh seseorang. Akupuntur ini berkhasiat untuk menghilangkan nyeri, mengatur sistem hormonal, estetika (kecantikan), memperbaiki sistem pencernaan, dll. Bahkan penelitian membuktikan  bahwa efek akupuntur sebagai antinyeri mampu bersaing dengan obat-obat analgetik.
 
Teknik akupunktur yang fungsinya untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh

·       Eliminate The Cause Of Disease
Berdasarkan gejala- gejala penyakit, seorang ahli TCM ini juga memiliki peran untuk menentukan faktor-faktor terjadinya penyakit. Kemudian menerapkan prinsip-prinsip terapi untuk menghilangkan faktor-faktor penyebab penyakit tersebut, supaya pasien tidak mudah kambuh.
·        
Teknik pengobatan terapi dengan alat bekam
          Keberhasilan Pengobatan Tradisional
Pengobatan tradisional China memiliki karakteristik tersendiri dalam upaya mendeteksi suatu penyakit dan menggunakan pendekatan yang lebih berbeda. Pendekatan yang digunakan adalah mencari akar dari suatu penyakit yaitu menemukan ketidakseimbangan antara energi internal tubuh yang mempengaruhi seluruh sistem pada tubuh manusia.
Pengobatan China juga lebih menerapkan pendekatan holistik dan konsultasi dengan pengobat alternatif atau komplementer, sehingga membuat pasien lebih dapat mengontrol penyakitnya.
Mahasiswa sedang mencampur ramuan dalam ilmu dasar dari TCM



D4 Traditional Chinese Medicine- Institut Ilmu Kesehatan
TCM adalah salah satu pelayanan kesehatan tradisional yang sudah lama dikembangkan di Indonesia. Masyarakat Indonesia sudah mulai menggunakan pengobatan ini sebagai upaya mereka dalam mencari alternatif dari pengobatan barat. Pengobatan ala Tiongkok menjadi sebuah tren masa kini. Masyarakat mulai percaya dan mencoba pengobatan Tiongkok. Pengobatan Tiongkok dipercaya memiliki khasiat dan manfaat luar biasa dalam proses penyembuhan tubuh dari penyakit. D4 Traditional Chinese Medicine (TCM) IIK merupakan satu-satunya prodi TCM yang ada di Jawa Timur. IIK menjadi pelopor prodi TCM karena melihat animo massa yang banyak membutuhkan lulusan TCM.


    Teknik akupuntur yang termasuk dalam salah satu teknik pengobatan TCM
  • Program Studi TCM IIK
Kurikulum dari prodi TCM IIK banyak mempelajari teori dasar anatomi, fisiologi, bahasa Mandarin, patologi, herbal, doagnosa TCM, dan farmakologi. IIK juga bekerjasama dengan Yunnan University of Traditional Chinese Medicine dalam memberikan pengajaran kepada para mahasiswa. Untuk semester 1 dan 2, mahasiswa akan memperoleh pengajaran di IIK, selanjutnya untuk semester 3 hingga 8 mahasiswa akan dikirim ke China untuk memperdalam praktik dari TCM. TCM juga dilengkapi dengan klinik TCM yang menunjang praktik mahasiswa. Dosen dari IIK juga telah dikenal berkompeten dalam bidangnya, selain itu, dosen dari Yunnan akan mengajar selama 1 bulan di D4 TCM IIK. 



  • Kompetensi TCM IIK

Kompetensi yang dapat dimiliki oleh mahasiswa pada program studi TCM IIK, antara lain:
  • Menguasai pengetahuan dasar ilmu tradisional Tiongkok, dasar teori, dan metode pengobatan.
  • Secara teratur menguasai dasar ilmu pengetahuan modern, pengobatan dasar, dan teori di lapangan.
  • Menguasai pemikiran dan metode pengobatan tradisional Tiongkok, dengan tepat dan benar  serta dapat menyesuaikan pengobatan modern saat ini.
  • Menguasai ilmu pengetahuan yang bersangkutan dengan ilmu pengobatan.
  • Bisa lancar membaca buku tradisional pengobatan dan buku bahasa Tionghoa lainnya.
  • Kemampuan dasar pengobatan di lapangan.




 
 




In Category : , , , ,
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar