Minggu, 04 September 2016

Makanan Tepat Bagi Pengidap Diabetes
Kampus Berkualitas23.33 0 komentar


Selalu cek kandungan nutrisi sebelum mengkonsumsinya

Memilih makanan yang tepat merupakan hal yang penting bagi pengidap diabetes disamping olahraga teratur. Karena kadar gula dalam darah dipengaruhi oleh makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh seseorang. Jika pengidap mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, maka efek dari diabetes akan semakin berkurang seiring dengan teraturnya pola makanan.

Belakangan ini pengidap diabetes semakin meningkat dan tidak memandang usia. Bahkan di beberapa kasus, penderita diabetes kini mulai menjangkiti anak muda di usia produktif. Untuk meminimalisir penderita diabetes yang semakin meningkat, pengaturan jenis makanan dan pola makan harus menjadi perhatian bagi semua kalangan.
Pada dasarnya, diet makanan yang dilakukan oleh penderita diabetes hampir sama dengan diet pada umumnya, yaitu memperhatikan :

Namun sedikit hal yang membedakannya ialah dengan memilih jenis makanan, terutama yang mengandung karbohidrat. Mengingat karbohidrat merupakan zat gizi paling utama yang dikonsumsi masyarakat Indonesia, maka jenis makanannya haruslah yang tepat.
Kadar glukosa dalam aliran darah penderita Diabetes
Berikut ini beberapa tips memilih makanan sehat dan tepat bagi penderita diabetes :

Memilih Karbohidrat yang Tepat
Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Banyak dokter yang menganjurkan agar penderita diabetes  menjauhi nasi, dan menggantikan nasi dengan makanan lain. Hal tersebut dikarenakan nasi mengandung karbohidrat sederhana.
Berikut ini perbedaan antara karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks :


Karbohidrat Sederhana
Yaitu karbohidrat yang telah diproses dan kehilangan kandungan serat serta nutrisi pentingnya. Karbohidrat sederhana akan dicerna menjadi glukosa oleh tubuh yang akhirnya dapat mempengaruhi tingkat gula darah. Karbohidrat sederhana banyak ditemukan pada makanan yang berwarna putih seperti roti, pasta, nasi, minuman bersoda, dan gula putih.
Karbohidrat Kompleks
Makanan yang mengandung banyak serat, kaya vitamin, mineral dan nutrisi penting. Makanan yang mengandung banyak karbohidrat kompleks tidak dicerna dengan cepat, sehingga tidak akan mempengaruhi tingkat gula darah. Makanan yang tinggi akan karbohidrat kompleks antara lain cereal, gandum utuh, ubi, beras merah, dan kacang-kacangan.
Karbohidrat kompleks merupakan makanan yang baik bagi penderita diabetes, contohnya dengan mengganti nasi dengan cereal

Sayuran
Sayuran merupakan pilihan makanan yang tepat bagi penderita diabetes. Sayuran mengandung banyak air, kandungan lemak yang rendah, memiliki berbagai vitamin dan mineral dan berbagai variasi dari karbohidrat kompleks. Semua zat gizi tersebut sangat baik untuk tubuh, dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Beberapa sayuran yang sangat baik yaitu Brokoli, kol, kangkung, lobak hijau, terong, seledri, timun, kubis, artichoke  dan asparagus.

Buah - Buahan
Sama halnya dengan sayuran, buah-buahan juga sangat baik bagi penderita diabetes, karena buah-buahan mengandung banyak air, serat, vitamin dan tidak mengandung lemak sama sekali. Buah-buahan yang merupakan sumber karbohidrat kompleks meliputi aprikot, jeruk, prem, pir, anggur dan prun.

Konsumsi Lemak dengan Bijak
Terdapat dua macam lemak yang bisa dikonsumsi, yaitu :

Lemak Tak Jenuh (lemak baik)
Lemak baik banyak ditemukan di minyak zaitun, kacang-kacangan, kedelai,  susu kedelai, dan alpukat. Selain itu, disarankan untuk mengonsumsi omega-3 yang sangat baik bagi metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan otak dan jantung. Sumber omega-3 yang tinggi dapat ditemukan pada ikan salmon, ikan tuna dan juga biji bunga matahari.
Daging ikan salmon termasuk sumber makanan dengan kandungan omega-3 yang tinggi

Lemak Jenuh (lemak jahat)
Lemak ini ditemukan pada daging merah/mentah, telur, keju, mentega, susu kemasan, es krim dan juga pada banyak makanan ringan (snack). Bagi penderita diabetes, jenis lemak jenuh akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, serta meningkatkan risiko penyakit jantung.




In Category : , ,
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar