Kamis, 14 Agustus 2014

Buah Cantik untuk Kualitas Sperma & Kesehatan

Oleh : RM. Riyaniarti
Staf Dosen DIV Analis Kesehatan IIK Bhakti Wiyata Kediri | Mahasiswa PPs Biosains UNS Surakarta


Buah tomat (Lycopersicum esculentum Mill) merupakan bagian tanaman yang bisa dimakan dan mengandung biji. Tomat juga mengandung berbagai vitamin (A dan C) dan senyawa anti penyakit yang baik bagi kesehatan terutama likopen, lemak dan kalori dalam jumlah rendah, bebas kolestrol yang merupakan sumber serat dan protein yang baik. Pigmen utama pada tomat adalah likopen dan karoten dimana suhu mempunyai peranan penting pada pembentukan likopen. Jika suhu naik maka likopen akan semakin banyak terbentuk. Selain itu tomat kaya akan beta karoten, kalium dan antioksidan likopen. Satu buah tomat ukuran sedang mengandung hampir setengah batas jumlah kebutuhan harian vitamin C untuk orang dewasa.

Tomat merupakan sumber antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Likopen yang terkandung di dalam tomat, berfungsi sebagai antioksidan yang terbukti mengurangi risiko kanker prostat dan penyakit jantung.

KANDUNGAN LIKOPEN DALAM TOMAT


Likopen adalah bahan alami yang ditemukan dalam jumlah besar pada tomat dan buah-buahan berwarna merah lain seperti semangka, pepaya dan jambu. Likopen merupakan kelompok karotenoid seperti beta karoten yang paling banyak ditemukan dalam makanan. Kandungan likopen dalam tomat sangat dipengaruhi oleh proses pematangan dan perbedaan varietas (misalnya varietas yang berwarna merah mengandung lebih banyak likopen dibandingkan yang berwarna kuning). Likopen berperan sebagai antioksidan dan memiliki pengaruh dalam menurunkan resiko berbagai penyakit kronis termasuk kanker.
                                      
Likopen adalah anggota dari keluarga karotenoid phytochemical dan merupakan pigmen alami yang bertanggung jawab untuk warna merah tua beberapa buah-buahan, terutama tomat. Likopen adalah simetris tetraterpene dirakit dari 8 isoprena unit. Ini adalah anggota dari keluarga senyawa karotenoid, dan karena itu seluruhnya terdiri dari karbon dan hidrogen, juga merupakan karoten. Isolasi prosedur untuk likopen pertama kali dilaporkan pada tahun 1910 dan struktur molekul ditentukan dengan 1931. Dalam alami, semua-trans form, molekul panjang dan lurus, dibatasi oleh sistem sebelas ikatan rangkap terkonjugasi. Setiap ikatan ganda dalam hal ini diperpanjang elektron π sistem mengurangi energi yang diperlukan untuk elektron untuk transisi ke yang lebih tinggi keadaan energi, yang memungkinkan molekul untuk menyerap cahaya tampak dari panjang gelombang semakin lama. Likopen menyerap semua tetapi panjang gelombang terpanjang cahaya tampak, sehingga muncul merah

Struktur molekul likopen

Bentuk molekul likopen

Beberapa manfaat likopen terhadap tubuh :

  1. Antioksidan, Likopen dipercaya mengandung antioksidan dan antiproliferative. Antioksidan bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Lycopene juga mengurangi oksidasi LDL (low-density lipoprotein) dan mengurangi tingkat kolesterol dalam darah.
  2. Mencegah penyakit jantung, likopen menghambat kerusakan radikal bebas kolesterol LDL. Sebelum kolesterol bisa disimpan dalam plak yang arteri mengeras dan sempit, harus teroksidasi oleh radikal bebas. Dengan aktivitas antioksidan yang kuat, likopen dapat mencegah kolesterol LDL dari yang teroksidasi.
  3. Anti Kanker, Lycopene dapat digunakan sebagai anti-karsinogen, yang dapat mengurangi resiko beberapa kanker. Dalam penelitian 6 tahun dari 47000 laki-laki sehat ditemukan bahwa mengonsumsi produk tomat lebih dari 2 kali seminggu dapat mengurangi resiko kanker prostat sebesar 21-34%. Pria yang makan lebih dari 10 tomat dalam seminggu memiliki penurunan resiko kanker prostat sebesar 45%; yang mengonsumsi 4-7 tomat dalam seminggu memiliki 20%. Penelitian pada wanita, wanita yang mengonsumsi likopen memiliki penurunan resiko kanker leher rahim sebesar 20%. Likopen telah terbukti dapat menekan pertumbuhan tumor pada in vitro (tabung reaksi) dan in vivo (hewan) eksperimen. Salah satu cara yang likopen dapat membatasi pertumbuhan tumor adalah dengan merangsang sel untuk komunikasi sel. Para peneliti sekarang percaya bahwa komunikasi yang buruk antara sel-sel merupakan salah satu penyebab pertumbuhan abnormal sel-sel, suatu kondisi yang akhirnya mengarah pada perkembangan tumor kanker.
  4. Meningkatkan Sperma, likopen dapat meningkatkan konsentrasi sperma pada pria subur

Likopen dapat mengurangi resiko kanker dengan mengaktifkan pencegahan kanker enzim khusus seperti enzim detoksifikasi fase II, yang menghilangkan karsinogen berbahaya dari sel-sel dan tubuh. Dalam sebuah penelitian likopen sebagai inhibitor proliferasi sel kanker manusia, ditemukan bahwa tidak seperti sel-sel kanker, fibroblast manusia kurang sensitif terhadap likopen, dan sel-sel secara bertahap lolos penghambatan pertumbuhan dari waktu ke waktu. Selain efek penghambatan terhadap proliferasi kanker sel basal endometrium, likopen juga ditemukan untuk menekan faktor pertumbuhan insulin seperti merangsang pertumbuhan. Faktor pertumbuhan insulin adalah autokrin utama / regulator parakrin dari susu dan pertumbuhan sel kanker endometrium. Oleh karena itu, gangguan likopen dalam autokrin utama / sistem parakrin dapat membuka jalan baru untuk penelitian tentang peran likopen dalam regulasi kanker endometrium dan tumor lainnya. Namun, likopen bahkan ditemukan memiliki efek penghambatan terhadap perkembangan katarak dan beberapa jenis sel kanker termasuk sel kanker payudara dan endometrium, sel kanker prostat, dan sel kanker usus besar.

Mengkonsumsi tomat rebus ternyata sangat berguna bagi pria. Bahkan lebih bermanfaat ketimbang mengkonsumsi tomat mentah. "Soalnya, kalau direbus, likopen dalam tomat akan keluar," kata dokter ahli gizi klinis, Samuel Oetoro, dalam diskusi di toko buku Kinokuniya, Rabu, 13 Februari 2013.
Setelah direbus, tomat tersebut perlu ditambahkan minyak agar mudah diserap usus. "Campurannya, ya, minyak yang sehat seperti minyak zaitun atau minyak kanola," kata dokter yang berpraktek di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi ini. Kenapa Likopen ini penting?

Kandungan dalam tomat dapat meningkatkan kualitas sperma

Likopen,  memiliki efek hipertropi pada prostat yang hanya terdapat pada pria. Tapi, matriks senyawa fitokimia ini susah terurai jika tomat dimakan mentah. "Ikatannya tidak bisa terlepas kalau tidak dipanaskan. Jadi, untuk mendapatkan zat aktif ini terpaksa harus mengorbankan senyawa aktif lain yang ada di tomat, seperti Vitamin C dan A yang akan hilang jika dipanaskan.

Untuk menggantikan dua pengorbanan vitamin tersebut, Samuel menyarankan, agar para pria juga mengkonsumsi aneka buah dan sayuran lain. Jadi, kehilangan vitamin bisa tercukupi. "Setidaknya 10 macam buah dengan aneka warna,"

Secara struktural, lycopene terbentuk dari delapan unit isoprena. Banyaknya ikatan ganda pada lycopene menyebabkan elektron untuk menuju ke transisi yang lebih tinggi membutuhkan banyak energi sehingga lycopene dapat menyerap sinar yang memiliki panjang gelombang tinggi (sinar tampak) dan mengakibatkan 10 warnanya menjadi merah terang. Jika lycopene dioksidasi, ikatan ganda antarkarbon akan patah membentuk molekul yang lebih kecil yang ujungnya berupa –C=O. Meskipun ikatan –C=O merupakan ikatan yang bersifat kromophorik (menyerap cahaya), tetapi molekul ini tidak mampu menyerap cahaya dengan panjang gelombang yang tinggi sehingga lycopene yang teroksidasi akan menghasilkan zat yang berwarna pucat atau tidak berwarna. Elektron dalam ikatan rangkap akan menyerap energi dalam jumlah besar untuk menjadi ikatan jenuh, sehingga energi dari radikal bebas yang merupakan sumber penyakit dan penuaan dini dapat dinetralisir oleh lycopene (Di Mascio P, Kaiser, dan Sies,1989). Sayuran dan buah yang berwarna merah seperti tomat, semangka, jeruk besar merah muda, jambu biji, pepaya, strawberry, gac, dan rosehip merupakan sumber utama lycopene. Sumber lain adalah bakteri seperti Blakeslea trispora. Tidak seperti vitamin C yang akan hilang atau berkurang apabila buah atau sayur dimasak, lycopene justru akan semakin kaya pada bahan makanan tersebut setelah dimasak atau disimpan dalam waktu tertentu. Misalnya, lycopene dalam pasta tomat empat kali lebih banyak dibanding dalam buah tomat segar. Hal ini disebabkan lycopene sangat tidak larut dalam air dan terikat kuat dalam serat. Lycopene merupakan suatu antioksidan yangt sangat kuat. Kemampuannya mengendalikan singlet oxygen (oksigen dalam bentuk radikal bebas) 100 kali lebih efisien daripada vitamin E atau 12500 kali dari pada gluthation. Singlet oxygen merupakan prooksidan yang terbentuk akibat radiasi sinar ultra violet dan dapat menyebabkan penuaan dan kerusakan kulit.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar