Selasa, 21 Juni 2016

Waspadai Kosmetik Palsu
Kampus Berkualitas00.18 0 komentar



Kosmetik saat ini telah menjadi kebutuhan manusia yang tidak bisa dianggap sebelah mata lagi. Baik wanita maupun pria sejak dari bayi hingga dewasa, semua membutuhkan kosmetik. Lotions untuk kulit, powder, sabun, pasta gigi, dan shampo merupakan salah satu dari sekian banyak kategori kosmetik. Dan sekarang semakin terasa bahwa kebutuhan kosmetik yang beraneka bentuk dengan keunikan kemasan serta keunggulan dalam memberikan fungsi bagi konsumen menuntut industri kosmetik untuk semakin terpicu mengembangkan teknologi yang tidak saja mencakup peruntukkannya dari kosmetik itu sendiri namun juga kepraktisannya di dalam penggunaanya.

Kini kosmetik sudah menjadi kebutuhan, dan sangat rawan terjadi penipuan dan pemalsuan. Penipuan tersebut biasanya berupa khasiat yang tidak sesuai dengan kenyataan, dimana jenis kosmetika pada kemasan tercantum keterangan dapat memutihkan kulit (wajah) namun pada kenyataannya membuat wajah iritasi dan membuat wajah menghitam. Pemalsuan misalnya berupa menempelkan label dari merek terkenal  untuk sebuah kosmetika produksi rumahan yang tidak terkontrol oleh ahli kosmetika serta tidak terdaftar di BPOM.

Kosmetik palsu mengandung bahan-bahan kimia yang tidak terjamin keamanannya. Sejumlah produsen kosmetik palsu bahkan ada yang menambahkan zat berbahaya dan tidak seharusnya dipakai manusia. Mulai dari cat tembok, pewarna tekstil sampai merkuri.

Efek merkuri pada wajah dan tubuh

Merkuri sebagai zat kimia jika dioleskan ke wajah akan menimbulkan radang, hal ini menyebabkan kapiler – kapiler di wajah akan melebar sehingga aliran darah yang menuju kulit wajah akan meningkat. Hal ini menyebabkan tampak merah, bengkak dan meradang pada wajah dan menimbulkan rasa nyeri. Biasanya efek ini timbul mulai 2 minggu sampai 1 bulan setelah pemakaian tergantung dari sensitifitas kulit dan banyaknya dosis merkuri di dalam cream pemutih. Jika hal ini terjadi maka tak lama kemudian akan menimbulkan kerusakan pada kulit seperti timbul flek-flek hitam, benjolan-benjolan, rasa nyeri seperti terbakar, kemerahan, dll. Sedangkan pada tubuh, merkuri yang terserap ke dalam tubuh melalui kulit akan menyebabkan kerusakan ginjal dan dalam jangka lama akan menimbulkan kanker.

Perbedaan kosmetik asli & kosmetik palsu

Dalam membedakan antara kosmetik asli dan palsu susah-susah gampang. Karena pemalsu sudah semakin pintar membuat kemasan yang menyerupai aslinya walaupun dibuat secara tradisional. Selain itu, para pemalsu kosmetik sering menggunakan merk-merk china sehingga banyak pembeli yang kurang menaruh curiga.

Beberapa tips yang dapat digunakan untuk membeli kosmetik dengan aman :















Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar