Selasa, 21 Juni 2016

Kiat Sukses Wawancara Kerja Farmasi
Kampus Berkualitas00.17 0 komentar



Memiliki pekerjaan dalam bidang kesehatan sangat disegani oleh kebanyakan masyarakat, karena menjadi tenaga kesehatan dapat menjadi pelayan kesehatan yang menjamin keamanan dan keefektifan penggunaan obat-obatan. Salah satu profesi yang banyak diminati oleh masyarakat yaitu sebagai tenaga farmasi.

Menjadi tenaga farmasi tidaklah mudah. Karena, profesi ini menuntut untuk lebih berkonsentrasi dan teliti dalam mengenali dosis obat yang nantinya akan diberikan pada pasien. Dibutuhkan pula kemampuan yang profesional dalam pembuatan obat, pengetahuan mengenai efek obat di dalam tubuh, peracikan ramuan tradisional, farmasetika, dan pelayanan obat kepada pasien.

Bagi anda yang saat ini sudah lulus ataupun yang sedang mencari pekerjaan di bidang farmasi dan masih bingung untuk memilih pekerjaan dan bagaimana prosesnya, ada baiknya untuk mencoba tips dan trik berikut ini :

1. Kenali Instansi Kesehatan Yang Akan Menjadi    Tempat Anda Bekerja

Hal ini penting karena kerap kali pertanyaan tentang alasan Anda melamar suatu pekerjaan muncul dalam sebuah interview kerja.
Jika Anda melakukan “riset” kecil-kecilan, maka Anda dapat menjawab pertanyaan ini dengan informasi detail. Dengan mengetahui perusahaan sebelum Anda memulai wawancara kerja, Anda juga akan memiliki bekal pertanyaan untuk interviewer di akhir sesi.

2. Berlatih Menjawab Pertanyaan

Pikirkan tentang pertanyaan apa saja yang biasanya diajukan para pewawancara. Kemudian, latihlah jawaban Anda dengan menyuarakannya secara lantang atau menuliskannya di kertas. Tetapi, jangan membaca apa yang Anda tulis itu selama interview karena hal ini justru akan membuat Anda tidak fokus.
Beberapa pertanyaan yang umum diajukan saat interview kerja farmasi
- Apa Anda dapat membaca resep dengan benar?
- Bagaimana cara proses produksi obat yang baik dan benar?
- Bagaimana cara pengadaan dan
  penyimpanan obat ?
- Apa yang anda lakukan untuk dapat melakukan pemasaran obat?
- Bagaimana cara memberikan pelayanan terbaik?
   

3. Persiapakan Portofolio

Supaya Anda terlihat profesional dan kredibel ketika membawa hard copy portofolio dalam sesi interview kerja. Bahkan, beberapa contoh pekerjaan saja sudah cukup memberikan kesan yang baik.

4. Persiapkan Pakaian

Pakailah pakaian yang sopan dan sesuai dengan pekerjaan yang anda lamar. Apa yang Anda kenakan sangatlah penting. Anda harus memberikan penampilan profesional saat interview kerja. Selain itu, mengetahui baju apa yang akan Anda kenakan juga akan membuat hari Anda lebih mudah.

5. Tanamkan Sikap Ramah

Menjadi seorang yang berprofesi untuk melayani masyarakat tentunya harus memiliki sikap yang disenangi orang, tanamkan sikap ramah, namun jangan dibuat-buat. Tetapi jika anda memiliki kpribadian yang kurang welcome kepada orang lain, belajarlah bersosialisasi dan tanamkan jiwa yang berbudi.

6. Tarik Napas Dalam Sebelum Interview

Jika Anda merasa gugup, cobalah menarik napas panjang untuk meredakan kegugupan Anda.


Berikut tempat-tempat pekerjaan yang memerlukan tenaga farmasi:

1. Pemerintah

Bidang pemerintahan juga memberikan lowongan bagi penyandang gelar sarjana farmasi. Bebarapa diantaranya adalah Dinas Kesehatan hingga Departemen Kesehatan. Lulusan farmasi yang bekerja di instansi pemerintahan tersebut biasanya ditempatkan sebagai pengamat obat-obatan.

2. Kesehatan

Sudah jelas Prospek Kerja yang masuk ke dalam bidang kesehatan merupakan yang paling menjanjikan. Sebagai sarjana farmasi, anda dapat bekerja di sebuah instansi kesehatan macam rumah sakit, apotik, maupun puskesmas. Anda akan dipekerjakan sebagai pengembang, Apoteker, pengamat, pengolah serta peracik obat-obatan.

3. Industri

Dalam bidang perindustrian, lapangan pekerjaan bagi lulusan jurusan farmasi tentu saja sangat terbuka lebar. Di Indonesia, banyak industri atau perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan dan memproduksi obat-obatan. Para alumni jurusan farmasi tentu saja sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan tersebut.

4. Peneliti

Jika anda merupakan seseorang yang ingin menemukan sesuatu yang baru dalam dunia kesehatan, anda sebagai lulusan farmasi juga dapat menjadi peneliti. Penelitian yang dilakukan sudah pasti penelitian mengenai obat-obatan. Anda dapat mencalonkan diri sebagai peneliti di sebuah instansi penelitian.

In Category : , ,
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar