Selasa, 21 Juni 2016

Farmasi Profesi Masa Depan
Kampus Berkualitas00.18 0 komentar


Dunia telah mengakui Farmasi sebagai profesi yang besar dalam melakukan pelayanan kepada umat manusia, seperti profesi kedokteran. Profesi farmasi telah melalui banyak revolusi, telah belajar banyak hal, dan harus membuang metode-metode yang telah kuno. Ketika Apoteker masa kini menyiapkan resep yang ditulis oleh dokter, ia menyediakan layanan profesional dengan menggabungkan manfaat dari kerja apoteker di semua cabang profesi (meliputi: pendidikan, penelitian, pengembangan, standar, produksi, dan distribusi).

Profesi Masa Depan

Menurut Profesor Yahdiana Harahap, dari Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI), menjelaskan, dari tahun ke tahun pertumbuhan industri Perguruan Tinggi Farmasi di Indonesia terus meningkat. Tahun lalu, jumlah Perguruan Tinggi penyelenggara pendidikan farmasi hanya sekitar 61 kampus, tapi sekarang sudah bertambah menjadi 67 Perguruan Tinggi. Ini, karena prospek profesi apoteker di Indonesia memang cukup menjanjikan. Sebab, Indonesia memang masih kekurangan profesi apoteker, baik untuk bekerja di Rumah Sakit, industri farmasi maupun sebagai tenaga kesehatan. Terbukti, lulusan farmasi dan apoteker banyak  diserap perusahaan-perusahaan farmasi besar baik di dalam maupun luar negeri.

Indonesia hanya memiliki sekitar 200 perusahaan farmasi diantaranya dapat dilihat pada diagram berikut:


Jumlah industri ini, masih kurang sebanding dengan kebutuhan obat masyarakat Indonesia. Dari penduduk Indonesia sebanyak 240 juta jiwa, konsumsi obatnya hanya sekitar USD 16 miliar. Jumlah ini, masih kurang ideal untuk masyarakat yang sadar kesehatan. Karena, masyarakat yang derajat kesehatannya baik, adalah masyarakat yang mengkonsumsi obat-obatan modern. Idealnya seperti Amerika Serikat. Penduduknya 280 juta jiwa, tetapi konsumsi obatnya mencapai USD 80 miliar.

Perubahan dalam pendidikan farmasi
Perubahan pendidikan farmasi tidak hanya memerlukan revisi dan restrukturisasi kurikulum tapi juga suatu komitmen pada pengembangan fakultas Pendidikan farmasi sendiri mempunyai tanggung jawab yang besar untuk menghasilkan sarjana yang kompeten dalam melaksanakan asuhan kefarmasian.

Dilandasi dari hal tersebut, Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata menyediakan edukasi berkualitas kepada lebih banyak masyarakat dalam bidang kesehatan. Salah satunya program studi untuk bidang farmasi mulai dari jenjang SMK, Diploma dan program sarjana diantaranya :
-SMK Kesehatan Farmasi
-S1 Farmasi
-D3 Farmasi
-D3 Analis Farmasi dan makanan



Kompetensi IIK

Fakultas Farmasi merupakan divisi dari IIK yang berfokus pada ilmu farmasi. Farmasi menjadi bidang yang sangat penting bagi masyarakat karena kaitannya dengan produksi obat-obatan. Dengan memadukan farmasi tradisional dan modern, mahasiswa Fakultas Farmasi memiliki keahlian dalam produksi obat-obatan berkualitas.

Dalam hal ini, peserta didik akan benar-benar dilatih untuk menjadi tenaga ahli kesehatan yang profesional dan handal untuk siap mengabdi di masyarakat lokal dan juga internasional. Dengan diberikan komposisi kurikulum 60% praktek, sangat menunjang pengetahuan serta pengalaman peserta didik dalam pembelajaran. Dengan adanya kurikulum berbasis kompetensi, sangat efektif untuk peserta didik dalam meningkatkan kemampuan dan wawasan. Sehingga peserta didik menjadi lebih kompeten dan siap terjun ke dunia kerja.


Fasilitas Farmasi di IIK

Fakultas Farmasi, Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata dilengkapi dengan fasilitas laboratorium yang lengkap serta penggunaan alat-alat manual dan digital. Peserta didik dipersiapkan dapat mampu kerja dimana pun, ditambah lagi dengan staf pengajar yang profesional dan kompeten akan memberikan pengalaman berharga yang menjadikan peserta didik tenaga farmasi profesional. Fasilitas yang diberikan, meliputi:
- 13 Laboratorium fakultas Farmasi
- Simulasi apotik 
- Pabrik obat

Praktek Kerja Lapangan

Kematangan kompetensi lulusan IIK tidak hanya dibentuk dalam kampus saja. IIK telah membangun kerjasama dengan berbagai badan kesehatan baik swasta ataupun negeri untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL). Tempat PKL IIK adalah instansi pilihan yang merupakan unggulan dalam dunia kesehatan diantaranya:
- RSUD DR. Soetomo
- RSUD Malang
- RS. Orthopedi Solo
- Kimia Farma di berbagai cabang
- BBLK dan perkantoran Dinas Kesehatan
- Apotek dan Puskesmas
- Dan sebagainya

Menjadi tenaga kefarmasian yang berkualitas dapat dilihat dari kematangan pembelajaran yang diberikan saat menempuh dunia pendidikan. Dimana lulusan siap terjun ke  dunia kerja dan siap berkompetisi. Oleh sebab itu, Jurusan Farmasi merupakan pilihan yang tepat bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke yang lebih tinggi. Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata adalah satu-satunya institut kesehatan di Indonesia yang memberikan pelayanan dan pendidikan kesehatan unggulan dengan kurikulum yang disesuaikan dengan perkembangan jaman dan didukung dengan sarana prasarana memadai yang juga merupakan kunci pencapaian visi IIK di masa depan. Bagi anda yang ingin menjadi tenaga kesehatan profesional, IIK merupakan institusi yang tepat untuk anda meraih sukses.



In Category : , , ,
Tentang IIK Institut Ilmu Kesehatan Institut Ilmu Kesehatan adalah institut kesehatan satu-satunya di Indonesia yang berfokus kepada ilmu kesehatan. Telah terdaftar dalam BAN-PT dan berada di bawah naungan Dinas Kesehatan. Telah meluluskan lebih dari 13.000 mahasiswa profesional dan berkompetensi. Kunjungi website kami IIK and Facebook

0 komentar

Posting Komentar